Review

Review: Botanity Flavon Serum

Bismillah. Assalamu’alaykum… ♥ 

Tinggal di negara tropis kaya di Indonesia yang kalo lagi musim kemarau tuh bisa puanas banget, biasanya beresiko kulit kita jadi lebih mudah terasa sensitif. Ini nggak berarti kulit kita sensitif loh yah. Sangat beda sekali kulit sensitif dan kulit yang mudah menjadi sensitif. Nanti insyaa Allaah kalo ada waktu akan kujelaskan soal ini di blog post terpisah, yah.

Ternyata cuaca itu sangat erat sekali kaitannya dengan konisi kulit. Dan menurutku memilih skincare yang pas juga jadi salah satu solusi menormalkan kembali kulit yang jadi lebih mudah menjadi sensitif tadi.

Makanya bisa dibilang aku tuh selalu tertarik dengan skincare yang klaimnya bisa untuk hydrating, soothing, calming, strenghten skin barrier dan sejenisnya.

Dan BOTANITY FLAVON SERUM ini jadi salah satu skincare yang udah lama banget kutaksir setelah baca racun yang bertebaran di beberapa influencer luar negeri karena rata-rata mereka bilang memang bisa banget menenangkan kulit. Apalagi ketika Director Pi (salah satu skincare guru Korea) merekomendasikan Botanity Flavon Serum ini di Youtubenya. Makin deh hasrat pengen coba tuh menggebu-gebu.

Alhamdulillah ternyata NEUFFA (Instagram @neuffa) membawa Botanity untuk masuk secara resmi ke Indonesia dan aku pun berkesempatan untuk nyoba. Senengnya lagi Botanity sudah lulus uji BPOM yah. Masyaa Allaah.

BOTANITY FLAVON SERUM

Seperti yang kujelaskan diatas, Botanity merupakan brand skincare asal Korea yang memang nggak memakai ingredients yang punya kemungkinan mengiritasi kulit seperti parfum, bad alcohol dan lain-lain.

PACKAGING AND DESIGN

Pas dateng, aku dikirimin pouch dan kaca kecil juga. Gemes dan pastinya bermanfaat banget

Packaging dan design produk ini cukup simpel, clean dan sleek.

Packagingnya adalah botol kaca berwarna coklat gelap dengan pipet tradisional. Botolnya agak berat dan besar untuk ukuran serum pada umumnya. Isi serumnya adalah 50ml, kebanyakan serum kan isinya cuma 10-20ml dan paling banyak 30ml.

Designnya sendiri juga sederhana. Kertas sticker yang digunakan berwarna putih dengan tinta berwarna hitam bergambar Peter Rabbit yang terlihat seperti ilmuan. Cute banget.

Dilengkapi dengan box tebal dan kokoh berwarna cream yang berisi informasi lengkap soal produk seperti ingredients, PAO, dan lain-lain. Design boxnya juga nggak kalah lucu. Tetap dong Peter Rabit si icon ditampilkan.

Satu hal yang aku suka adalah tinta pada sticker yang digunakan nggak gampang hilang walaupun aku habis pake skincare yang mengandung oil.

INGREDIENTS

Ingredients: Water, Betaine, Octyldodecyl Myristate, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Diglycerin, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Cetearyl Olivate, Glyceryl Glucoside, Glycerin, Bambusa Vulgaris Extract, Propanediol, Sorbitan Olivate, Biosaccharide Gum-1, Squalane, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Dipotassium Glycyrrhizate, Argania Spinosa Kernel Oil, Allantoin, Xanthan Gum, Hydroxypropyl Guar, Hydroxyethylcellulose, Sodium Hyaluronate, Panthenol, Ethylhexylglycerin, Cynanchum, Atratum Extract, Zanthoxylum Piperitum Fruit Extract, Sophora Flavescens Extract, Propolis Extract, Platycodon, Grandiflorum Root Extract, Paeonia Suffruticosa Root Extract, Nelumbium Speciosum Flower Extract, Magnolia Officinalis Bark Extract, Lonicera Japonica (Honeysuckle) Flower Extract, Forsythia Suspensa Fruit Extract, Centella Asiatica Extract, Beta-Glucan, Arctium Lappa Root Extract, Anemarrhena Asphodeloides Root Extract, SodiumPolyglutamate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydrolyzed Glycosaminoglycans, Dextrin, Hydrogenated Lecithin, Dipropylene Glycol, Sucrose Distearate, Ceramide NP, Cholesterol, Asiaticoside, Madecassoside

Aku sempat browsing dan cari tau soal Botanity, ternyata Botanity dulunya adalah perusahaan pemasok ingredients skincare kepada brand besar. Dan sekarang mereka mengembangkan bisnisnya dengan membuat brand sendiri. Nggak heran sih produk Botanity Flavon Serum yang dihasilkan bisa jadi seoke ini.

Kandungan utama dari Botanity Flavon Serum adalah uniflavon.

Uniflavon adalah teknologi yang diciptakan dan dipatentkan oleh Botanity dari eksplorasi 15.000 spesies tanaman obat dan laut yang bermanfaat bagi kulit.

Selain itu juga aku ngeliat ada beberapa ingredients jempolan lain yaitu scutellaria baicalensis root extract (anti inflamation dan soothing), bambusa vulgaris extract (memperkuat skin barrier, meningkatkan elastisitas kulit), squalane, propolis extract, ceramide, centella asiatica dan lain-lain.

CLAIMS

Untuk kulit sensitif, memperbaiki tekstur dan skin tone,

TEXTURE AND SMELL

Teksturnya unik. Dibilang watery, iya tapi juga agak sedikit kental. Warnanya kecoklatan. Menurutku terlihat seperti madu. Bukan seperti madu kebanyakan sih tapi aku pernah melihat madu hutan yang teksturnya sama persis seperti serum ini.

Tekstur dari Botanity Flavon Serum

Begitu diaplikasikan sangat mudah untuk diratakan. Kalo dipakai terlalu banyak, akan terasa sedikit tacky tapi ketika sudah meresap sempurna nggak bakalan terasa tacky lagi. Finishnya healthy glowy dan terlihat basah. Aku suka banget sama hasil akhirnya.

Wanginya juga seperti madu. Sedikit asam tapi nggak masalah buatku. Apalagi dia nggak mengandung parfum tambahan. Mungkin beberapa orang akan bilang wanginya kurang enak dan nggak bakalan suka. Cuma dipenciumanku nggak masalah sih karena nggak lama juga baunya akan menghilang. Tipe bau-bauan yang masih bisa kuterima.

HOW TO USE

Serum ini bisa digunakan di skincare routine pagi atau malam. Cuma kalau aku pribadi lebih suka memakai di skincare routine malam karena untuk pagi aku prefer untuk memakai serum vitamin c sebagai anti oksidan.

Di skincare routine pagi: face wash (atau yang skip face wash bisa memakai toner dengan bantuan kapas) – hydrating toner – BOTANITY FLAVON serum – moisturizer – sunscreen

Pada skincare routine malam: double cleansing – exfoliating toner – first essence – hydrating toner – BOTANITY FLAVON SERUM – moisturizer

Atau bisa disesuaikan dengan skincare routine kalian sehari-hari.

REVIEW

Qadarullah, pas banget ketika awal cobain serum ini kulitku lagi nggak baik-baik aja. Pulang umroh menyisakan breakout ditulang pipi kanan dan dagu bagian dalam. Selain itu juga kulitku jadi gampang banget merah apalagi kalo kena sinar matahari yang cukup terik. Intinya jadi easily sensitized. Memang aku lagi butuh-butuhnya skincare yang bisa membantu kulitku untuk jadi normal kembali.

Setelah kupakai rutin 6 minggu (awal kupakai 1 November 2019 dan aku menuliskan review ini tanggal 15 Desember 2019), kulitku sudah benar-benar kembali seperti sedia kala. Breakout ditulang pipi kanan, dibawah dagu baru satu mingguan ini mereda. Khusus untuk breakout dibawah dagu, aku layer serum ini dengan cream retinol. Dan masyaa Allaah, breakout berbulan-bulan perlahan menghilang dan sekarang menyisakan bekasnya saja.

Redness/kemerahan juga udah nggak pernah aku alami lagi sejak pemakaian 2 minggu. Alhamdulillaah.

Botanity Flavon Serum ini juga rasanya hydrating sekali dikulit. Aku ngerasa kalo dilayer dengan hydrating toner yang tepat, rasanya tuh kaya udah pake emulsion (moisturizer ringan) deh. Tapi karena kulitku dehidrasi dan aku selalu tidur diruangan ber-AC jadi aku tetap layer moisturizer lagi untuk memastikan hidrasi yang ada nggak mudah menguap. Setiap bangun pagi aku selalu ngerasa kulitku dapat healthy glowing, plump, teksturnya jauh terlihat membaik dan minyak jadi lebih terkontrol. I guess dia juga bantu balancing kadar minyak dan air di kulit.

Botanity Flavon Serum ini adalah salah satu skincare yang berjasa to normalized my skin setelah dia telah susah payah berjibaku dengan perubahan cuaca antara Indonesia dan Arab Saudi.

FINAL THOUGHT

Aku sangat merekomendasikan serum ini buat kalian yang kulitnya sedang sensitif atau beneran yang punya kulit sensitif atau bahkan sangat sensitif. Bahkan Director Pi bilang serum ini bisa membantu memperbaiki penyakit kulit atopic.

Intinya insyaa Allaah dia akan membantu menguatkan skin barrier. Karena skin barrier yang kuat adalah kunci dari kulit sehat menurutku.

Buat kamu yang lelah melakukan skincare routine yang terlalu panjang dan pengen meringkaskannya dengan melakukan skincare diet, serum ini juga bisa banget mencukupkan kebutuhan kulit walaupun dengan melakukan step skincare yang simpel. Kadang dibeberapa kasus justru yang minimal itu hasilnya akan lebih maksimal.

Serum ini juga aku rekomendasikan buat kalian pemakai aktif exfoliating products dan retinol. Karena kita sama-sama tau efek negatif exfoliating products dan retinol yang suka bikin kulit kering dan jadi lebih sensitif itu bener-bener gak enak banget kadang. Serum ini bisa banget meminimalisir dampak itu.

Dalam keadaan kondisi kulit normal yang aku rasain adalah dia sangat moist. Bangun pagi tuh kulit tetap kenyal dan nggak kering kerontang. Serum ini memang akan lebih keliatan manfaatnya kalau kulit kita sedang bermasalah sih menurutku.

RATING

Karena aku hampir nggak bisa mencari kelemahan serum ini maka kukasih dia angka:

5/5

WHERE TO BUY

Instagram @neuffa / @botanity_id

Website www.neuffa.com

Dan kabar gembira buat kalian yang mau cobain BOTANITY FLAVON SERUM ini, Neuffa kasih diskon Rp50.000,00. Harga aslinya Rp399.000,00 jadi kalian cukup bayar Rp349.000,000 untuk serum sekece dan isinya juga banyak 50ml. Masukkan kode voucher KINAN di shopee dan website. Lumayan banget kan? Berlaku sampai dengan 31 Januari 2020 yah.

Note: These products are sponsored for review purposes but my opinion is all mine, honest and not influence by the Brand.

Semoga postingan ini bermanfaat dan see you on my next post!

Love,

1 thought on “Review: Botanity Flavon Serum”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.