Review

Review: Kleveru Organics [Local Brand]

Bismillah. Assalamu’alaykum…♥

Jujur, aku tuh dulu adalah orang yang berpikir bahwa kulit berminyak adalah kulit yang nggak perlu make moisturizer. Apalagi oil-oilan. Duh apa itu face oil? Muka udah berminyak kok ditemplokin oil lagi sih? Apa gak bikin makin berminyak dan menyumbat pori yang ujung-ujungnya bikin makin jerawatan?

Tapi ternyata disitulah ilmu itu diperlukan biar nggak asal bikin teori yang bahkan nggak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Saat itu bertepatan dengan makin lama aku makin tertarik untuk belajar dan cari tau soal kulit dan pada akhirnya menemukan ada metode yang dinamakan oil cleansing method (OCM) yang intinya mengganti semua cleanser yang memakai surfactant yang kemungkinan besar mengiritasi kulit seperti SLS dengan minyak.

Sederhananya OCM ini adalah first cleanser. Aku juga disitu sudah mulai belajar soal double cleansing. Dan aku menemukan banyak testimoni soal OCM dan double cleansing yang malah membantu para penderita jerawat meringankan kondisi jerawat mereka. Jadi kupikir kenapa nggak dicoba aja? Kan nggak ada salahnya buat mencoba. Kalo cocok alhamdulillah, gak cocok juga berarti harus berjuang lagi untuk mengerti kebutuhan kulit seperti apa.

Baca juga: Basic skincare (skincare untuk pemula)

Lama kelamaan, aku ngerasa cleanser yang basednya oil memang lebih enak dipakai dibandingkan foam cleanser. Sampailah pada akhirnya ngelirik face oil yang gak cuma menetap sebentar diwajah kaya cleanser. Surpisingly aku ngerasain diawal-awal rajin skincare, face oil adalah salah satu step yang membantu banget dalam perbaikan kulitku.

KLEVERU ORGANICS SKINCARE

Kleveru adalah local brand yang mengusung konsep skin barrier friendly. Jadi Kleveru tidak memakai ingredients yang diperlukan kulit seperti alcohol, colorant, parfume, dan lain-lain. Jadi buat kalian yang kulitnya sensitif sekalipun insyaa Allaah gak perlu ragu yah untuk cobain Kleveru tanpa takut skincare yang kalian pakai diam-diam bisa merusak skin barrier.

Selain itu beberapa oil yang dipakai Kleveru sudah adalah organics oil. Organics oil yang digunakan pun memiliki sertifikasi organik yah. Kleveru juga sudah memiliki nomor BPOM. Untuk kalian yang concern dengan kehalalan skincare, Kleveru sudah memiliki sertifikasi halal tapi baru untuk single oil. Untuk face oil dan serum yang aku pakai ini masih dalam proses. Doakan segera bisa keluar yah sertifikasi halalnya.

Yap! Satu lagi local brand yang punya konsep keren dan kualitas yang siap bersaing dengan produk luar negeri.

Mereka mengirimkan tiga produk untuk kucoba. Dua facial oil dan satu serum. Sejujurnya kalo liat ingredients, asli produk Kleveru ini menggiurkan banget. So much goodness in one bottle. Apalagi ceramides! I lovee ceramides soo much karena dia bisa bantu menjaga dan memperbaiki skin barrier yang damage dan menjaga kestabilan skin barrier kita.

Bagaimana pendapatku soal produk dari Kleveru? Check it out!

PACKAGING

Untuk botol face oil sama seperti botol serum atau face oil kebanyakan. Botol kaca berpipet warna coklat gelap. Botol serumnya adalah botol pump, bukan pipet. Untuk serum sejujurnya aku lebih suka yang bentuknya pump sih. Pumpnya mulus, keluarnya pas gak terlalu banyak atau sedikit.

Aku suka banget sama packaging Kleveru. Selain karena minimalis dan clean, warna yang dipilih juga warna-warna lembut.

Informasi soal produk juga lengkap. Mulai dari ingredients, nomor BPOM, PAO, expired sampai cara pakainya ada di box jadi memudahkan kita untuk mengetahui cara pakai produk tersebut.

KLEVERU GLOW HYDRATE FACIAL OIL

Tekstur Kleveru Glow Hydrate Facial Oil ini seperti face oil pada umumnya. Dibilang kental enggak tapi nggak encer juga. Gampang diratakan tapi butuh waktu untuk agak kering. Warna oilnya bening kekuningan.

Wanginya hampir gak ada. Tapi kalo sengaja dicium wanginya khas oil-oilan.

Produk ini lebih suka kupakai di skincare routine malam karena kalo dipakai pagi agak sedikit greasy. Bisa sih kalo mau dipakai di skincare routine pagi tapi dua tetes aja cukup. Lebih dari itu akan berasa terlalu heavy dan rawan untuk kusam apalagi dimusim panas dan udara kering seperti sekarang.

Ingredients dari Kleveru Glow Hydrate Facial Oil
Informasi lebih lanjut tentang Kleveru Glow Hydrate Facial Oil

Untuk skincare routine malam enak banget. Kupakai sampai enam tetes saking enaknya tuh. Finishingnya bechek-bechek glowing lembab. Pas untuk mengunci kelembaban yang sudah kita pakai dari hydrating toner, serum dan moisturizer. Dibawa tidur diruangan full AC juga paginya kulit berasa masih sangat lembab, segar dan keliatan sehat. Gak terasa kering sama sekali. Soalnya kalo skincare malamku gak cukup melembabkan, kena udara AC semalaman paginya sering kali kulit berasa kering dan agak ketarik. Aku gak suka banget perasaan kaya gitu.

Kalo ditelisik di ingredients listnya, asli menarik banget yah. Oil-oil yang dipakai tuh bukan sembarang oil. Ada sweet almond oil, sunflower seed oil, rice brand oil, rosehip oil, ceramide, squalane dan lain-lain. Insyaa Allaah kalau dipakai jangka panjang bisa buat anti aging, mencerahkan kulit dan juga anti inflamasi.

Nah face oil ini juga salah satu penyelamat dikala aku lagi malas ngelakuin skincare routine malam terlalu panjang. Tinggal pake hydrating toner dan pake face oil. Selesai. Tinggal tidur deh! Kulit nggak berasa kering sama sekali pas bangun pagi. Sukaak!

Tapi kalo mau dipakai dengan skincare routine lengkap, caraku memakai face oil ini ada beberapa macam:

Double cleansing – exfoliating toner – hydrating toner – serum (water based) – serum (oil based) – moisturizer – face oil

Atau bisa juga dipakai sebelum moisturizer. Tapi untuk Glow Hydrate ini aku lebih suka pakai setelah moisturizer karena dia bikin moisturizer makin moist.

Rating 4.5/5

KLEVERU CERAMIDE CALM FACIAL OIL

So far, ini tekstur face oil terbaik yang pernah kupake! Dibandingkan Glow Hydrate Facial Oil, dia lebih cair dan warnanya lebih kuning. Kupikir awalnya karena teksturnya yang ringan, dia nggak akan terlalu lembab dikulit. Tapi ternyata kusalah. Lembabnya lumayan. Memang lembabnya gak selembab kaya saudaranya si Glow Hydrate yah, tapi cukup lembab. Lembab yang pas gitulah.

Selain itu di aku dia juga memang ngaruh banget untuk bikin tenang kulit yang lagi ngambek. Jadi awal pake face oil ini, aku lagi ada jerawat satu lumayan gede. Nggak ada ekspektasi apapun sih sama kemampuannya untuk membantu mengurangi inflamasi jerawat. Ternyata masyaa Allah, paginya pas aku bangun, jerawat yang baru mau inflamasi itu langsung reda dong. Jadi sampai sekarang kalo ada tanda-tanda mau punya jerawat yang meradang, aku langsung pakein dia. Gak semua jerawat ampuh sih untuk ditenangkan. Calon-calon jerawat yang meradang yang biasanya berhasil ditenangkan sama Kleveru Ceramide Calm Facial Oil ini.

Baunya gak jauh beda sama bau Glow Hydrate Facial Oil. Tapi Ceramide Calm ini lebih herbal. Masih sama-sama nggak nyengat dan i have no complaint about the smell.

Liat deh ingredients listnya. Duh. Kleveru ini kalo bikin produk memang nggak nanggung-nanggung deh ingredients yang dipakai. Ada grapeseed oil (one of my fave oil), sunflower seed oil, jojoba oil (also my favourite oil), ceramide dan lain-lain. Memang oil yang dipakai tuh oil yang ringan tapi cukup efektif buat memberikan kelembaban kepada kulit.

Kapan produk ini kupakai? Bisa di skincare routine pagi atau malam. Sebutuhnya aku kapan. Dipakai pagi dia nggak bikin sumuk (biasa aku pakai 3 tetes) dan untuk malam pun enak (aku pake 6-7 tetes).

Caraku memakai facial oil ini adalah:

Double cleansing – exfoliating toner – hydrating toner – serum (water based) – serum (oil based) – face oil – moisturizer

Cukup enak juga dipakai untuk menggantikan fungsi moisturizer dengan syarat makenya agak banyak yah.

Rating 4.8/5

KLEVERU GLASS SKIN OVER NIGHT SERUM

Ini favoritku banget dari tiga produk yang Kleveru kirimkan! Kleveru Glass Skin Over Night Serum ini tuh sebenarnya adalah serum yang punya kemampuan eksfoliasi. Di aku ngaruh banget. Kalo aku ngerasa muka lagi demek, malemnya pake deh serum ini di slot serum. Paginya aku akan bangun dengan muka cerah mengkilat. Dipegang juga halus dan lembut banget *nangis*

Yang bikin aku cinta, dia tuh sangat mild. Dikulitku sama sekali nggak ada reaksi merah, perih, panas ataupun cekat cekit. Padahal kandungan AHA BHAnya lumayan banget. AHA 5% dan BHA 1%. Dibeberapa produk lain yang kandungan AHA BHAnya segitu, ada yang bikin kulitku ngalamin merah, perih, dan lain-lain.

AHA yang dipakai adalah lactic dan glycolic acid sedangkan BHA yang digunakan adalah salicylic acid. Mungkin kenapa nggak terasa kering dikulitku karena dia juga mengandung centella, glycerin dan ceramide yah.

Buat yang baru alias newbie dalam eksfoliasi, aku sarankan pakainya dimulai dari frekuensi seminggu sekali dulu untuk melihat gimana reaksi kulit kalian dengan produk ini. Kalo baik-baik aja, boleh nambahin frekuensinya jadi dua kali seminggu. Tambahkan terus sampai nemu frekuensi yang pas dengan kebutuhan kulitmu.

Bisa nggak dipakai pagi? Bisa aja menurutku. Tapi aku lebih suka pake dia di skincare routine malam sih. Bukan kenapa-napa, untuk pagi aku lebih suka pake serum vitamin c sebagai antioksidan.

Teksturnya ringan. Gampang diratakan dan gampang meresap. Sama sekali gak berasa lengket atau berminyak.

Wanginya juga gak ganggu. Ya wangi-wangi AHA BHA yang baunya agak kaya bau obat gitu. Yang udah rutin pake produk-produk AHA BHA udah tau sih wanginya kaya apa.

Aku juga gak ngalamin purging yah sama sekali.

Satu bulan setengah aku pakai produk ini, berasa banget kalo kulitku terlihat cerah, radiance, glowing dan halus setiap bangun tidur. Kalo mau pake cushion tuh juga keliatan teksturnya lebih bagus, nggak gradakan kaya biasanya. Suka banget!

Rating 4.5/5

FINAL THOUGHT

Tekstur dari Kleveru Glow Hydrate Facial Oil, Ceramide Calm Facial Oil dan Glass Skin Serum

Sebagai pemilik kulit cenderung oily dan acne prone, aku sama sekali nggak ngerasa face oil dan serum dari Kleveru ini too much. Masih sangat nyaman dipakai di iklim Indonesia yang super panas ini. Nggak perlu takut menyumbat pori. Tapi buat kalian yang kulitnya rawan untuk menyumbat pori, aku menyarankan untuk pengaplikasiannya jangan banyak-banyak. Mungkin 2-3 tetes aja cukup.

Aku lebih sarankan kalian untuk pake si face oil Kleveru (entah yang glow hydrate atau yang ceramide calm) ini dengan Glass Skin Over Night Serum biar hasilnya lebih oke. Karena sepengalamanku dengan face oil dan glass skin serumnya, mereka lebih cocok dipakai barengan. Selain rasanya lebih enak dikulit, hasilnya pun lebih keliatan.

Aku pribadi lebih suka kombinasi Glass Skin Over Night Serum sama Ceramide Calm Facial Oil. Best combination menurutku! Efek eksfoliasinya dapet tapi gak bikin kulit iritasi atau lebih sensitif dari biasanya.

WHERE TO BUY

Instagram @kleveruorganics

Shopee @kleveruorganics

Note: These products are sponsored for review purposes but my opinion is honest and not influence by the Brand

Semoga postingan ini bermanfaat dan see you on my next post!

Love,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *