Kinan Story Review

Pengalaman Pertama Treatment Venus Viva Untuk Bopeng di Airin Skin Clinic

Bismillah. Assalamu’alaykum… ♥

Sebagai seorang mantan pejuang jerawat yang sudah jerawatan dari sejak remaja, aku ngerti banget gimana gemesnya sama bopeng-bopeng diwajah sisa perjuangan mengusir jerawat. Sebel ya, Giliran jerawat udah jarang muncul eh sekarang muncul masalah lain yaitu SCARS atau biasa yang kita sebut dengan BOPENG. Bopeng ini nih yang bikin muka tuh keliatannya kasar kaya parutan keju. Gak bisa keliatan halus kaya rangorang *nangis*

Seperti para pejuang jerawat lain, aku pun bermasalah sama post inflammatory erythema (bekas jerawat kemerahan) dan post inflammatory hyperpigmentation (bekas jerawat kehitaman/kecoklatan). Tapi so far alhamdulillah PIE dan PIH ini masih bisa diatasi dengan skincare yang mengandung retinol, vitamin c, niacinamide dan lain-lain yang sifatnya exfoliant atau brightening. Walaupun kadang ada bekas jerawat yang bandel banget tapi kalo dirutinin pake skincare yang mengandung bahan-bahan tersebut, insyaa Allaah perlahan bisa menipis. Maka sabar adalah kunci!

Untuk masalah bopeng ini yang sulit karena nggak ada skincare yang sifatnya oles yang bisa membantu masalah ini. Harus banget dibantu dengan treatment yang tepat di klinik kecantikan oleh dokter yang berkompeten. Jadi, kalo ada iklan skincare yang bilang bisa menghilangkan luka-luka parut dikulitmu apalagi hanya dalam jangka waktu sebulan dua bulan MAKA JANGAN DIPERCAYA. ITU UDAH PASTI BOHONG!

Alhamdulillah akhir Juli kemarin aku berkesempatan untuk melakukan beberapa treatment di Airin Skin Clinic Kemang, Jakarta untuk mengurangi tampilan bopeng-bopeng nakal itu. Dan aku excited banget untuk share pengalaman ini ke kalian semua. Siapa tau ada yang galau dan pengen menghilangkan bopeng juga tapi bingung apa yang harus dilakukan dan berapa budget yang harus dikeluarkan.

Resepsionis dan Kasir Airin Skin Clinic Kemang

Pertama aku mau sharing soal keramahtamahan Mas dan Mbak yang kerja di Klinik Airin Kemang. Masyaa Allaah, pas dateng tuh semuanya ramah dan santun. Ruang tunggunya pun nyaman dan bersih. Seneng deh jadi bikin nyaman dan betah. Disana juga disediakan minuman dan makanan kecil yang bisa kita ambil gratis sembari nunggu. Ada juga beberapa spot yang instagramable buat kalian yang suka posting foto di Instagram.

Salah satu sudut ruang tunggu di Airin Skin Clinic Kemang

Setelah menunggu beberapa saat, aku dipersilahkan untuk ketemu dan berkonsultasi dengan Dokter Shella Pratiwi. Dokter Shella ini cantik dan super ramah, masyaa Allaah.

Sama Dokter Shella, aku diajak untuk melakukan skin check, dengan alat khusus. Aku bisa liat pori-pori dan bulu-bulu halus dimukaku. Tampilannya nggak banget ya kalo diperbesar gitu hahaha. Dokter Shella bilang masalah kulitku sekarang memang bopeng dan PIE serta PIH. Untuk jerawat sudah sangat terkontrol.

Yang paling aku suka, beliau nggak pelit untuk berbagi ilmu dan nggak maksa untuk pakai semua produk dari Airin. Pas tanya boleh nggak after treatment aku pakai skincareku sendiri, beliau memperbolehkan tapi untuk tiga hari pertama setelah treatment disarankan untuk pakai krim iritasi dari klinik Airin dulu.

Pada akhirnya Dokter Shella menyarankan aku untuk untuk melakukan treatment Hollywood Derma Facial dan Venus Viva. Setelahnya aku langsung disuruh ke ruangan khusus untuk langsung melakukan treatment. Nggak sabar!

HOLLYWOOD DERMA FACIAL

Treatment yang pertama dilakukan adalah Hollywood Derma Facial. Wow namanya keren yah, ada Hollywoodnya. Ternyata dikasih nama Hollywood bukan nggak ada alasannya. Rupanya para artis Hollywood sering melakukan treatment ini. Pantesan pada kinclong ya.

Proses pertama dari hollywood derma facial sendiri adalah pembersihan wajah dengan milk cleanser sambil dipijat. Ini bagian paling best sih. Relaxing banget sampe bikin ngantuk.

Pembersihan milk cleansernya menggunakan cleansing puff. Tenang, kamu akan dipakaikan cleansing puff baru jadi nggak akan memakai cleansing puff bekas orang lain. Higienis kan?

Setelahnya komedo dan sisa jerawat yang mengeras dan susah keluar pun ikut diekstraksi. Ya sakit-sakit dikit lah ya. Yang udah pernah facial pasti udah tau rasanya gimana hehe.

Lalu masuklah ke treatment hollywood derma facial. Apa sih hollywood derma facial itu? Intinya kulit kita macam “diamplas” dengan menggunakan alat khusus yang menggunakan tips diamond asli. Treatment ini bisa membersihkan pori-pori lebih dalam sambil menanamkan serum dengan fungsi yang nanti disesuaikan dengan kondisi kulit.

Manfaat lainnya dari hollywood derma facial adalah:

  • mengangkat sel kulit mati,
  • membersihkan kulit dari kotoran, komedo, bekas skincare dan make up yang tidak terangkat hanya dengan cuci muka biasa,
  • serumnya bisa menutrisi, melembapkan, menghidrasi, mencerahkan, memudarkan flek dan mengurangi jerawat ringan serta jerawat berat.

Sakit nggak sih hollywood derma facial itu? Menurutku sih enggak. Tapi beda orang ya beda toleransinya terhadap rasa sakit.

Nanti setelah treatmentnya selesai, kalian akan dikasih liat botol yang berisi air yang didalamnya tuh keliatan sel-sel kulit mati dan kotoran yang terangkat. Berenang gitu loh mereka, terapung-apung. Satisfying deh ngeliatnya. Hahaha.

Air yang berisi sel kulit mati dan kotoran setelah Hollywood Derma Facial

Warna air punyaku putih karena aku kan untuk sehari-hari nggak pake make up, yah. Tapi kata Mbak Therapist, ada yang bisa sampai kuning. Ya itu tadi kuningnya sisa-sisa make up yang nggak bisa terangkat dari mencuci muka biasa.

Pas treatment ini aku datang bareng adikku yang juga ngelakuin hollywood derma facial. Pas kutanya warna airnya apa? Dia bilang kuning. Aku kaget padahal adikku sama kaya aku nggak pernah pake make up untuk sehari-hari. Ternyata oh ternyata, pas dateng adikku memang punya cystic acne lumayan besar dan isinya nanah. Rupanya bisa ikutan disedot oleh si alat hollywood derma facial. Makanya seluruh isi jerawatnya masuk ke botol itu. Sakit nggak? Kata adikku nggak sakit. Lebih sakit kalo jerawat itu dipencet.

Yang aku rasain banget habis ngelakuin hollywood derma facial adalah kulitku jadi super lembut dan halus kayak kulit bayik. Agak sedikit memerah tapi wajar sih namanya juga habis “diamplas” kan?

VENUS VIVA

Setelah hollywood derma facial selesai, masuklah ke dalam treatment yang ku tunggu-tunggu. Bagaimana tidak permirsa? Aku berharap sekali treatment ini bisa works menuntaskan masalah kulit yang paling kuanggap mengganggu selama sekian tahun ini.

Kalo tadi hollywood derma facial dilakukan oleh therapist, venus viva ini tindakannya dilakukan oleh Dokter Shella langsung.

Sebelum aku lanjut jelasin pengalamanku, aku mau jelasin dulu apa sih venus viva itu?

Venus viva adalah nama alat dan tindakan dengan memakai teknologi nanofractional radio frequency yang menghantarkan panas kedalam kulit dan bekerja secara ablatif (menimbulkan luka luar).

Alat venus viva yang nanti akan dioperasikan oleh Dokter. Pic from Google

Singkatnya nanti kulit kita akan dilukai dengan alat khusus yang ujungnya seperti jarum kecil (i’m not sure ini jarum, soalnya disebut dengan pin) yang mana secara alami tubuh kita akan secara alami menyembuhkan luka itu.

Ujung alat venus viva yang “ditusukkan” ke kulit. Ngeri nggak kalian ngeliat ujungnya? Photo from Google

Fungsi treatment venus viva antara lain adalah:

  • Memperbaiki tekstur kulit , seperti pori besar, berbagai macam jenis bopeng/scars (box, ice scar),
  • Mengurangi tanda tanda penuaan dini, kerutan dan pigmentasi,
  • Menyamarkan noda bekas luka, bekas jerawat (PIH), dan hiperpigmentasi,
  • Memperbaiki stretchmark.

Eits… jangan takut dulu ya ngbayangin treatment ini akan berdarah-darah kaya platelet-rich plasma (PRP) atau yang lebih dikenal dengan vampire facial. Venus viva nggak seseram itu kok. Kulit kita nggak akan digilas dengan jarum seperti di treatment PRP. Di venus viva cukup di “suntik” saja dengan pin dari alat khusus.

Yap! Venus viva nggak akan bikin kulit berdarah.

Sakit? Enggak. Karena sebelum melakukan tindakan, kulit kita akan dikasih krim anastesi terlebih dahulu supaya kulit kita kebal. Ditunggu 30 menit nanti kamu gak bakalan bisa ngerasain mukamu sendiri. Dipegang juga nggak berasa. Lucunya aku ngerasain bibirku jadi kaya tebel banget masa. Hahaha.

Setelah kulit kebal, Dokter Shella mulai “menyuntikkan” si alat venus viva ke kulitku bagian per bagian, sedikit demi sedikit di seluruh wajah. Tiap kali Dokter Shella pindah bagian, akan terdengar bunyi “titttttt…”. Dan diawal aku ada nyium ada bau gosong. Apakah itu bulu-bulu wajahku yang gosong? Entah. Aku lupa bertanya ke Dokter Shella.

Dan kayaknya untuk kasusku, agak difokuskan di bagian pipi karena bopengku ada yang lumayan cukup dalam dibagian itu. Asli, aku nggak ngerasain sakit apapun. Tapi pas dibagian rahang, aku agak ngerasain sedikit sakit.

Sedikit aja. Mungkin karena krim anastesinya nggak terlalu banyak dioleskan dibagian itu jadi nggak terlalu kebal. Balik lagi seperti yang kubilang diatas, toleransi rasa sakit untuk tiap orang beda-beda yah.

Selesai seluruh wajah, terakhir Dokter Shella mengoleskan serum epidermal growth factor (EGF), serum khusus yang fungsinya untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan membantu bopengnya untuk lebih cepat jadi rata kembali. Terakhir aku diolesin sunscreen oleh Mbak Therapist.

Beberapa larangan ketika kamu selesai melakukan tindakan venus viva adalah nggak boleh panas-panasan dibawah matahari, nggak boleh berenang, nggak boleh sauna dan jangan cuci muka dulu selama 8 jam.

MY THOUGHT

Setelah selesai semua treatment, kulitku jadi memerah. Untuk standarku sih merahnya masih nggak parah sih. Mukaku juga jadi kaya ada bercak kotak-kotak yang rapih membentuk garis memanjang bekas penusukan pin dari mesin venus viva. Yang paling jelas itu di bagian rahang dan jidat. Kalo pipi malah nggak keliatan sama sekali.

Diawal konsultasi, Dokter Shella bilang kenapa pilih tindakan venus viva untukku karena down time nya lebih cepat dan bekas yang ditimbulkan juga lebih minimal dibandingkan tindakan CO2 Fractional. Pas aku kepoin Instagamnya @airinbeautyclinic sih bener. CO2 Fractional itu lebih tampak nyata bekasnya. Kaya ada kotak-kotak hitam kulit yang gosong. Tenang aja ini akan hilang dalam jangka waktu seminggu.

Setelah pengaruh anastesinya hilang, mukaku berasa sakit nggak sih? Enggak. Berasa perih itu pas cuci muka malam aja. Itu pun cuma hari pertama. Hari kedua cuci muka aku nggak ngerasain perih lagi.

Dihari kedua after treatment, aku bisa liat titik-titik yang membentuk kotak bekas tusukan pin akan menghitam dan mengeras. Jadi kaya kulit mati tapi cuma ada di bekas tusukan itu aja.

Dasar aku, krim anti iritasi hanya kupakai dihari pertama aja. Hari kedua aku udah pakai skincare kaya biasa. Tentu aja fokusnya di hydrasi dan calming. Aku tinggalin dulu semua skincare yang sifatnya exfoliant baik physical dan chemical. Hehehe.

Dokter Shela maafkan aku kalo baca tulisan ini karena aku tak mengikuti perintahmu. Peace love and gaul *nyengir*

Hari ketiga, mukaku udah baikan banget. Aku udah berani pake toner dengan bantuan kapas. Tonernya tetap hydrating toner ya. Nah pas aku swipe kapas, ngikutlah sel-sel kulit mati yang bentuknya titik-titik gitu dikapasnya.

Hari keempat mukaku bisa dibilang udah bener-bener full recover. Sel kulit mati berupa titk-titik itu udah hilang semua meninggalkan kulit wajah yang halus, cerah (aku rasa tone kulitku pun agak sedikit naik kayaknya), bening bersinar dan bekas jerawat yang baru yang sebelumnya ada dibeberapa tempat, hilang tanpa bekas.

Tampilan pori-poriku mengecillllllll. Hiks. Bahagia. Kalian yang follow aku di Instagram pasti tau betapa realistisnya aku soal mengecilkan pori-pori ini. Selain itu aku ngerasain skincareku jadi meresapnya lebih baik. Rasanya pake skincare apa aja tuh kok enak banget rasanya dikulit. Mungkin ini pengaruh dari hollywood derma facial yang udah mengikis sel kulit mati sehingga penyerapan skincare jadi lebih oke.

Tulisan ini kutulis tanggal 5 Agustus dan aku ngelakuin treatment venus viva itu tanggal 26 Juli (tepat 10 hari setelahnya), aku udah bisa ngeliat beberapa bopengku agak naik. Masyaa Allaah kuterharu ngeliat muka sendiri. Rasanya ini keadaan kulit terbaikku sepanjang hidup. Memang belum pulih sepenuhnya karena tindakan venus viva ini harus dilakukan secara rutin but so far i’m happy with the result.

Kukasih dikit ya foto before after treatment. Ini foto no filter sama sekali, yah. Cuma bedanya adalah foto atas cahaya lampu didalam ruangan dan foto bawah cahaya matahari. Keliatan banget kan bekas jerawatnya improve banyak, masyaa Allaah

Kata Dokter Shella untuk kasus bopengku akan maksimal hasilnya kalau dilakukan 3 sampai 4 kali. Untuk pengerjaannya sendiri tuh butuh waktu antara 2 sampai 2,5 jam untuk dua treatment.

Makin happy setelah suami dan beberapa teman kantorku notice keadaan kulitku jauh lebih membaik setelah treatment ini. Suamiku bahkan bilang kulitku udah keliatan jauh lebih halus teksturnya. Alhamdulillaah, biidznillah. Kalo suami yang bilang sih no perez perez club, yah. Hihi.

Baca juga: Pengalaman Venus Viva di Airin Klinik Bagian Dua

CABANG AIRIN CLINIC

Jl. Kopo Katapang No 601 KM 12 (022-58991111)

Jl. Sukanagara No 70B, ANTAPANI BANDUNG (022-87772108)

Jl. Raya Cihanjuang Km 2,45 No 18A CIMAHI (022 86121616) 

Jl. Sederhana no 53 (Hotel arwiga) (022-64404999)

Jl. Kemang Raya No 72 (Patokan Anomali Cafe) (021 22720141)

Kliniknya buka SENIN-SABTU Jam 10.00-18.00. Saranku kalo mau treatment, datangnya cepetan karena masyaa Allaah Airin itu selalu rame dimana-mana.

HARGA

Oke, aku tau setelah baca tulisan ini kalian akan penasaran berapa sih dana yang harus disiapkan untuk kedua treatment dan serumnya mungkin? Ini kukasih list harganya, yah.

Hollywood derma facial : Start from 475k

Venus Viva : Start from 1750k

Serum EGF : 600-750k (tidak dijual terpisah, hanya diberikan ketika treatment di Klinik Airin)

Kalo dirasa-rasa memang pricey tapi sebanding deh sama hasilnya. Trust me! Airin Clinic juga sering kasih diskon untuk treatment di klinik mereka, pantengin aja Instagramnya @airinbeautycare .

Thank you, Tim Airin! So happy with the result and services!

Note: These post are Sponsored for review purposes but my opinion is honest and not influence by the Clinic

Semoga postingan ini bermanfaat dan see you on my next post!

Love,

4 thoughts on “Pengalaman Pertama Treatment Venus Viva Untuk Bopeng di Airin Skin Clinic”

  1. Kak Kinan… udah pernah cobain laser fraksional di Airin belum? Pengen coba tapi masih maju mundur cantik akutuh hehe

    1. Halo Indira… laser fraksional o2 itu yah? aku belum pernah coba. Tapi katanya sih hampir sama kaya venus viva ini. Bedanya cuma di downtime dan bekasnya, venus viva lebih minim. Harganya pun seingetku lebih murah laser fraksional o2 itu. recommended sih menurutku buat yang punya acne scars berupa bopeng.

  2. kak, tanya donk itu kaka sekali tindakan langsung terlihat ya? harus berapa kali tindakan sampai bopeng yg bolong itu benar2 rata kak? dan apakah next treatment harga venus visa jug sama setelah kunjungan berikutnya? terima kasih sebelumnya.

    1. Hai Nina! Kalo untuk ke bopengnya nanti semua tergantung lagi ke reaksi kulit masing-masing orang. Bakalan beda-beda hasilnya. Untuk 100% kembali ke kulit awal benar-benar rata, sepertinya agak sulit ya. ya maksimal 80-90% lah kulitnya bisa naik lagi. berapa kali harus venus viva biar maksimal, tergantung kulit kita. Kalo untuk kasus bopengku, dokter saranin 4 kali minimal. Next treatment venus viva, iya harganya sama aja. Kalo mau mendingan ambil paketan kalo udh fix mau beberapa kali treatment. setauku lebih murah kalo paketan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *