Review

Review: Skincare Lokal Acne Prone Friendly dari Pratista

Bismillah. Assalamu’alaykum ♥

Sebagai orang yang punya kulit normal to oily dan acne prone, aku tuh sering dan gampang banget breakout. Hal sepele aja bisa bikin aku jerawatan. Contohnya cuaca yang panas. Cuaca panas sering menyebabkan aku jadi mudah keringetan dan jumlah keringat yang meningkat bisa menyebabkan aku jerawatan. Terutama di daerah yang tertutup jilbab. Bahan jilbabnya kurang bagus? Ya sudahlah. Makin-makinlah mudah si jerawat dan teman-temannya nangkring dimukaku. Mungkin karena lembab dan clogged pores (pori-pori tersumbat) makanya sikonnya mendukung banget.

Dan nggak jarang pula jerawat yang tumbuh itu jenisnya besar dan sakit. Serius, ini jenis jerawat yang paling menyebalkan apalagi yang “matanya” susah keluar atau nggak ada mata sama sekali. Selain penyembuhannya yang agak susah, bekas jerawatnya pun agak susah hilang atau bahkan meninggalkan kerusakan kulit kaya jadi bopeng/bolong.

Beberapa tahun terakir aku mulai sadar kalo jerawat itu nggak boleh dikasarin kaya memakai ingredients yang punya chance bikin kulit makin kering, terlalu sering pake cleansing tools, dan lain-lain.

Ketika aku melakukan cara-cara yang lebih gentle dan nggak ngoyo sama jerawat memang alhamdulillah hasilnya lebih memuaskan. Jerawat nggak dateng gerombolan. Even datang dalam jumlah banyak pun nggak sampe bikin stress. Jumlahnya masih bisa dibilang aman.

Nah, salah satu ingredient yang bisa membantu untuk meredakan jerawat adalah pegagan atau yang lebih dikenal dengan centella asiatica/cica.
Beberapa manfaat dari centella untuk kulit adalah sebagai berikut:

  • anti inflamasi/peradangan
  • mengurangi redness/kemerahan
  • mengurangi kerusakan kulit (luka) akibat jerawat
  • memperkuat skin barrier
  • kaya antioksidan yang membantu produksi kolagen jadi bisa juga membantu anti aging

Karena manfaatnya tersebutlah, sekarang banyak banget brand skincare Korea yang berbondong-bondong mengeluarkan seri ini di produk mereka. Dan ternyata brand lokal pun nggak mau kalah. Masyaa Allaah.

Salah satunya adalah Pratista. Mereka punya serangkaian produk yang menggunakan centella asiatica sebagai bahan yang diandalkan untuk membantu mengatasi masalah jerawat.

PRATISTA CENTELLA SERIES

Rangkaian perawatan dari Pratisa (kiri ke kanan) Centella Enrich Essence, Serum dan Cream

Mungkin diantara kalian ada yang masih asing sama Pratista, yah. Sama, aku juga awalnya belum tau. Tapi tak kenal mata tak sayang, yah. Ternyata Pratista ini adalah brand lokal yang juga punya klinik di Depok (dan insyaa Allaah soon Bekasi). Yang mau treatment mungkin bisa kesana, yah.

Sama Pratista, aku disarankan untuk mencoba tiga produk andalan mereka yaitu Centella Enrich Serum, Centella Enrich Essence dan Centella Enrich Cream. Klaim dari Pratista sendiri ini tuh katanya bisa untuk mengurangi dan menghilangkan bopeng. Apakah benar? Yuk kita bahas aja produknya satu per satu. Check it out, gengs!

Centella Enrich Serum

Centella Enrich Serum dari Pratista

Dari tiga produk Pratista yang aku coba, sejujurnya yang menjadi favoritku adalah si Centella Enrich Serum ini. Meskipun teksturnya sedikit kental, agak lengket dan nggak begitu cepat meresap tapi menurutku dia membantu banget ketika kulitku sedang breakout karena nggak cocok sama air.

Tekstur dari Centella Enrich Serum Pratista
Finishnya sedikit basah dan kulit terasa hydrate

Jadi beberapa minggu kemarin, aku sempat lumayan lama nginep dirumah Ibuku dan tadaaaaaaaa. Menghasilkan lumayan banyak cystic acne yang besar dan sakit di daerah pelipis.

Beberapa hal yang bikin aku suka sama produk ini adalah

Ingredient list Pratista Centella Enrich Serum
  • Ingredients list with no drying alcohol. Walaupun aku nggak ada masalah dengan alcohol di skincare tapi entah kenapa aku selalu bahagia kalo ada produk yang mampu bekerja efektif tanpa alcohol
  • There’s no scent. Akan kecium sedikit wangi herbal kalo kamu mengendus-endus dengan penuh konsenterasi. Aku rasa sih ini bau centellanya, yah. Karena wanginya kaya dedaunan gitu
  • Packagingnya enak buat dibawa travelling. Terbuat dari plastik dengan tutup pump yang bisa diatur kekuatan memencetnya jadi kamu bisa mengendalikan berapa banyak produk yang keluar. Isinya 8 ml. Kamu cukup ambil 1 pump aja udah cukup untuk satu wajah.
  • Walaupun diawal aku bilang teksturnya sedikit kental, agak lengket dan nggak begitu cepat meresap dengan sempurna tapi dia sangat hydrating dan nggak berminyak. Dengan syarat kamu harus sabar menunggu dia meresap, yah. Aku pribadi lebih suka menggunakan dia di skincare routine malam karena di malam hari aku prefer menggunakan skincare yang rich dan berlayer-layer biar paginya kulitku nggak kekurangan air atau minyak sehingga bisa terhidrasi secara maksimal.

Apakah Centella Enrich Serum ini oke digunakan buat pagi? Menurutku oke aja dengan beberapa syarat yang aku sebutkan tadi. Plus aku sarankan jangan dilayer dengan moisturizer lagi, langsung aja pakai sunsreen. Kalau mau dilayer dengan moisturizer lagi, pakailah moisturizer yang benar-benar ringan. Tapi untuk kulit kering, aku rasa ini akan sangat nyaman digunakan pagi.

Ujung botol Centella Enrich Serum

Centella Enrich Essence

Packaging dan ingredient list Centella Enrich Essence
Ujung botol dari Centella Enrich Essence dari Pratista

Essence ini teksturnya cair, berwarna bening persis air dan gampang meresap. Sadly, kebalikan dari serumnya, aku agak kurang suka. Why?

Teksturnya very watery

It contains drying alcohol in its first ingredients. Ya sebenernya nggak kenapa-napa juga sih, kadang list ingredients nggak bisa jadi patokan merefleksikan kenyamanan kita dengan sebuah produk karena formulasi juga berpengaruh. Tapi untuk produk ini aku gave up di pemakaian hari keempat.

Alasannya:

  • alcoholnya lumayan strong. Bahkan dari awal menggunakan dan belum liat ingredients aku udah tau ada alcohol di minimal big three list ingredients
  • wangi alcoholnya menusuk hidung. Ada rasa nggak nyaman dihidungku (kaya kita nyium bau orang numis cabe) tiap kali mengaplikasikan produk
  • ada rasa cekat cekit dikulit. Nggak lama sih tapi kurang nyaman. Empat hari pemakaian dan setiap aplikasi selalu merasakan cekat cekit ini. Again, mungkin karena alcoholnya
  • bikin kulitku terasa kering (ini dimulai di hari ketiga percobaan) namun makin berminyak. Kulitku dehidrasi dan memang sebenarnya agak rentan sama alcohol yang terlalu banyak dalam skincare. Padahal pas pake essence ini udah aku bantu dengan hidrasi yang banyak tapi tetap aja kompensasi dari rasa kering itu adalah kulitku makin gila memproduksi minyak
  • kemasannya agak kurang sesuai untuk teksturnya yang cair. Pumpnya gampang bikin muncrat produk. Aku pernah punya produk dengan packaging yang sama persis dan seingetku itu lipbalm. Kayanya packaging kaya gini lebih cocok untuk produk dengan konsistensi lebih kental. Well, sebenarnya packagingnya hampir sama kaya serum, terbuat dari plastik, isinya 7.5ml tapi beda di ujungnya. Mungkin akan lebih baik kalo produk ini memiliki packaging dengan sitem tuang, yah, bukan pump untuk menghindari produk yang muncrat.

Walaupun ada beberapa hal yang kurang aku sukai dari produk ini, tapi alhamdulillah dia nggak bikin aku breakout. Mungkin kalian yang kulitnya normal dan nggak dehidrasi akan fine-fine aja dengan centella enrich essence ini. Centellanya sendiri ada di list ingredients ke empat dan mengandung salicylic acid juga. Sebenarnya bisa banget membantu penyembuhan jerawat buat yang cocok.

Centella Enrich Cream

Pertama kali pake produk ini aku langsung surprise! Kenapa? Karena sebagai pemilik kulit normal to oily yang agak kurang nyaman dengan rasa oily di skincare, aku jadi agak picky soal moisturizer.

Apalagi moisturizer yang dipake pagi. Harus benar-benar ringan biar mukaku keliatannya glowy sehat bukan berminyak kaya orang belum mandi. Hehe.

Dan moisturizer ini approved untuk jadi moisturizer pagi yang nyaman versiku. Teksturnya light cream berwarna putih bersih. Ada yang tau moisturizer zaman dulu yang merknya Hazeline (duh jebakan umur), nggak? Nah teksturnya mengingatkan aku sama itu.

Tekstur dari Centella Enrich Cream
Finishnya ciamik! Kaya nggak ada residu sama sekali dan langsung terserap sempurna

Another reason i love this product because dia langsung “hilang” pas diaplikasikan ke kulit. Like seriously, keren banget! Beberapa moisturizer andalanku aja tuh masih butuh waktu sekian detik untuk menyerap sempurna dengan dibantu ditap-tap. Tapi centella enrich cream ini pas diratakan tuh langsung “ngilang” sendiri tanpa menyisakan apapun.

Final looknya di aku sih matte, yah. Sama sekali nggak berminyak. Duh, oily skin friendly sekali, beb!

Wanginya sama kaya moisturizer konvensional yang suka kita pake pas zaman masih sekolah pas baru disuruh pake skincare sama Ibu. Mudah-mudahan kalian nangkep maksudnya. Hihi. Yang seumuran pasti ngerti deh bau khas moisturizer zaman dulu itu gimana.

Kemasannya di jar plastik biasa tanpa spatula. Jadi selalu pastikan kalian sudah cuci tangan dan dalam kalian bersih ya kalo mau colak colek dia. Atau kalau kalian punya spatula sendiri, aku sarankan ambil produknya pake spatula aja.

Untuk urusan hydrating, sesungguhnya di aku agak kurang. Tapi kalo kamu kombinasikan dengan centela enrich serum jadi pas banget! Mereka tercipta memang seperti saling melengkapi ♥

Update: Kemarin aku sempat calon-calon mau breakout didaerah perbatasan antara dagu dan pipi. Udah keliatan deh tuh beruntusan kecil dan memerah yang lumayan banyak. Habis itu aku langsung ngide untuk pake basic skincare dan fokus ke skincare yang tujuannya calming dan soothing. Aku pakailah si Centella Enrich Cream ini dengan beberapa produk calming lain yang aku punya. Alhamdulillah paginya beruntusan itu batal jadi jerawat dan gone sama sekali tak meninggalkan sisa. Masya Allaah langsung pengen nangis saking senengnya. Menurutku sih cream ini lebih ngaruh untuk bakal calon jerawat, sih. Kalo udah berupa jerawat lebih berperan besar si serumnya. Jadi si creamnya ini juga memenangkan hatiku. Nggak bisa milih deh antara serum dan creamnya hihihi.

Karena susah dapet foto full list ingredients cream ini, aku tulisin aja, yah.

Aqua, Butylene Glycol, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, C12-15 Alkyl Benzoate, Glyceryl Stearate, Stearic Acid, Cetearyl Alcohol, Dimethicone, PEG-100 Stearate, Ceteareth-20, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Cetyl Palmitate, Ceteareth-12, Centella Asiatica Extract, Tetrasodium EDTA, Triethanolamine, BHT, Quaternium-15, Metylparaben, Tocopherol, Butylparaben, Ethylparaben, Isobutylparaben, Propylparaben

Final Thought

Dalam waktu dua minggu aku sudah bisa merasakan breakoutku membaik bahkan sudah minim sekali ketika rutin pakai rangkaian centella series Pratista. Minus si essence yah karena di hari ke empat aku sudah stop pake.

Yang paling berasa sih dia tuh meredakan banget inflamasi jerawat dan mengurangi kemerahan. Ada beberapa calon jerawat muncul dan pas aku pake produk ini dia nggak jadi membesar. Langsung hilang begitu saja tanpa sisa. Untuk beberapa jerawat yang inflamasi, aku merasakan sakitnya agak cepat mereda dan kempes.

Hal lain yang aku notice adalah tampilan kulitku agak lebih smooth dari biasanya. I like!

Well, untuk klaim Pratista katanya produk ini bisa mengurangi dan menghilangkan bopeng (bolong) menurutku enggak, yah. Apalagi bopeng parah yang dalam plus besar dan sudah kita punya selama bertahun-tahun. Untuk mengurangi bopeng yang mungkin diakibatkan karena jerawat baru, mungkin iya. Karena aku juga notice di breakoutku minim sekali bopeng yang terjadi. Untuk PIE dan PIH juga ada tapi minim sekali keliatannya. Tapi untuk urusan mengecilkan tampilan pori, yes! Aku setuju ketika pake produk ini pori-poriku keliatan agak lebih sopan.

Tentu aja produk ini nggak aku pake berduaan doang. Ada routine lain yang sudah biasa aku pakai namun dengan tambahan centella enrich serum dan cream ini, aku merasakan manfaat yang aku sebutkan diatas.

So, yes! Aku merekomendasikan kedua produk ini kalian cobain kalo kalian sampe sekarang masih struggling sama jerawat. Semangat! Ada banyak cara untuk menjinakkan jerawat tanpa harus “dikasari”.

Rating

Centella Enrich Serum 4.5/5, Centella Enrich Essence 2/5, Centella Enrich Cream 5/5

Where To Buy?

Instagram @pratista.official

Note: These products are sponsored for review purposes but my opinions are my own and not influence by the brand .

Semoga postingan ini bermanfaat dan see you on my next post!

Love,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *