Review

Review: 4 Langkah Basic Skincare Lokal dari Ristra

Bismillah. Assalamu’alaykum ♥ 

Aku suka nerima banyak banget pertanyaan yang isinya kira-kira seperti ini di direct message Instagram,

“Kak, ada nggak sih basic skincare lokal yang bagus?”

“Ada nggak sih basic skincare yang cocok buat remaja?”

“Ada nggak sih basic skincare yang gentle dan nggak bikin kulit jadi kering ketarik plus bisa bantu jaga skin barrier?”

“Kak Kinan, please rekomen basic skincare yang affordable tapi efektif!”

Dulu aku selalu nggak bisa jawab pertanyaan sejenis karena memang nggak punya banyak pengalaman sama local brand. Mostly skincare yang aku pake selama ini adalah Korean skincare makanya suka bingung merekomendasikan apa yang nggak pernah aku coba.

Tapi sekarang alhamdulillah aku bakalan bisa jawab pertanyaan kalian soal basic skincare yang memenuhi kriteria diatas. Penasaran nggak sih apa produknya? Kalo penasaran, baca terus ya review-ku.

RISTRA 4 STEP BASIC SKINCARE

ristra

Bisa dibilang Ristra adalah produk skincare dan make up yang sangat legendaris.

Aku ingat banget, Ibuku pernah pakai rangkaian perawatan Ristra pas aku masih remaja. Ibuku memang lumayan concern sama kulitnya sejak beliau masih muda. Dan karena itu, sekarang aku bisa melihat hasilnya. Walaupun usianya sudah 56 tahun tapi wrinkles yang Ibuku punya sangat minim. Bahkan nggak jarang orang salah nebak umur beliau. Banyak yang mengira usia Ibuku akhir 40-an.

Mertuaku juga nggak mau kalah. Usianya sudah 62 tapi banyak yang nyangka usia beliau masih 50an awal. Pas aku tanya apa rahasianya, ternyata beliau sudah rajin merawat wajah sejak usianya menginjak  usia 20 tahun. Sama seperti Ibuku, mertuaku juga belum banyak wrinkles dan kulitnya masyaa Allaah masih bagus banget.

Bahagia nggak sih kalo ketemu orang dan selalu dikira lebih muda daripada usia sebenarnya? Kalo aku sih bahagia banget. Bangetnya dikuadratin banyak-banyak 

Pas kuliah, aku juga sempat cobain facial di House of Ristra (nggak tau sekarang masih ada nggak, ya?) dan sempat pakai rangkaian skincare-nya juga. Jadi bisa dibilang Ristra bukan produk skincare yang asing lagi buatku. Tapi karena zaman baheula itu aku masih jauh dari ngerti kulit dan belum memahami pentingnya skincare jadipemakaiannya pun nggak istiqomah. Cuci muka aja kalo inget dan nggak males. Duh, rugi banget deh kalo diinget-inget. Aku dzolim banget sama kulit  sendiri *mewek*

Dan sekarang, Ristra banyak banget melakukan inovasi pada produk-produknya. Aku cukup surprise dan happy pas tau ternyata Ristra ngeluarin 4 step basic skincare yang ternyata bisa memenuhi kebutuhan kita, para skincare enthusiast yang concern banget sama CTMP (Cleanse, Toned, Moisturize and Protect).

Baca juga: Basic Skincare (Skincare Untuk Pemula)

Buat kita yang tinggal di daerah tropis kaya di Indonesia yang udaranya panas dan lembab serta matahari yang 365 hari non stop bersinar, memilih basic skincare yang sesuai dengan iklim Indonesia itu sangatlah penting. Ristra mengerti banget kebutuhan kita makanya menyediakan serangakaian perawatan kulit yang cocok untuk iklim tropis. Inilah 4 langkah perawatan kulit ala Ristra yang sudah aku coba selama kurang lebih satu bulan dan bisa  aku share pengalamannya ke kalian.

  • Extremely Gentle Cleansing Milk (Tahap First Cleanse)

ristra1

Tahap yang pertama dari skincare routine yang menurutku salah satu yang terpenting adalah cleansing. Buat kalian yang sudah khatam tentang double cleansingExtremely Gentle Cleansing Milk Ristra ini adalah golongan first cleanser.

Baca juga: Double Cleansing, Emang Penting Banget?

Teksturnya creamy sedikit thick dan warnanya putih. Gampang banget di ratakan. Wanginya khas cleansing milk tempo dulu. Jadi sedikit membangkitkan memoriku soal cleansing milk yang biasa Ibuku pake zaman aku masih kecil.

ristra2

ristra3

Sayangnya aku merasa pake cleansing milk ini agak kesat buat massage wajah kalo dipakai diatas satu menit. Mungkin karena aku udah kebiasaan pake cleansing oil jadi berasa cleansing milk agak kurang licin. Aku sarankan kalo mau pake cleansing milk ini, massage wajahnya maksimal satu menit aja.

Untuk membersihkannya aku nggak pake kapas ataupun waslap basah. Langsung saja aku bilas pakai air. Cleansing milk ini nggak emulsify tapi sangat gampang dibersihkan dengan air. Aku pakai air suhu ruang atau air keran bukan air panas atau air dingin.

Selain hemat kapas dan hemat air buat cuci waslap, langsung membilas ini dapat mengurangi frekuensi gesekan pada wajah. Dan sependek pengalamanku, hal ini sangat membantu sekali untuk menjaga skin barrier kulit biar nggak gampang damage. Aku sangat merekomendasikan melakukan tips ini buat kalian yang merasa skin barrier-nya damage karena akumulasi seringnya melakukan kebiasaan buruk terhadap kulit.

Hal lain yang aku suka dari pemakaian produk ini setelah dibilas air pun sama sekali nggak lengket, nggak berminyak dan nggak bikin kulit berasa kesat juga. Which is i like.

ristra4
Ingrediets Ristra Extremely Gentle Cleansing Milk
  • Medicated Soap (Tahap Second Cleanse)

ristra7

Tahap selanjutnya dari double cleansing yang juga nggak kalah penting adalah second cleanser. Yang paling aku suka dari Med (Medicated) Soap Ristra ini adalah dia nggak kering plus nggak bikin ketarik. Ini penting banget menurutku karena itu adalah sebuah pertanda kalo cleansing products yang aku pake nggak menarik semua kelembaban alami kulit. Plus aku juga paling nggak suka sama rasa ketarik habis cuci muka yang rasanya kaya orang habis di botox  Well, aku nggak pernah coba botox sih tapi dari baca beberapa artikel soal botox, katanya kulit rasanya bakalan nggak bisa diapa-apain, even buat senyum

Tekstur Med Soap ini sedikit seperti gel, berwarna bening agak sedikit keputihan dan kalau diberi air akan menghasilkan lumayan banyak busa. Wanginya mild floral.

ristra8

Hasil akhir dari double cleansing menggunakan Extremelly Gentle Cleansing Milk dan Medicated Soap ini lumayan bikin kulit terasa dan keliatan fresh.

Tahap first dan second cleanser ini sangat sukses membuat debu, kotoran, minyak dan sunscreen minggat dari kulitku. Dengan pembersihan yang tepat dan efektif, tentu aja kulit lebih siap menerima skincare lain dan manfaat skincare yang kita pakai akan lebih terasa.

ristra16
Ingredients Ristra Medicated Soap
  • Toning Lotion (Tahap Toned)

ristra5

Toning Lotion ini adalah produk favoritku dari seluruh rangkaian 4 step basic skincare dari Ristra. Kenapa? Karena toning lotion Ristra bisa menggeser kedudukan toner yang sudah hampir 2 tahun aku pake yang biasa aku gunakan buat cleansing di pagi hari. Kalo kalian followers Instagramku, pasti tau kalo pagi aku nggak pernah cuci muka pake face wash.

Jadi caraku mencuci wajah di pagi hari adalah cuci dengan air (again, airnya air keran atau suhu ruang) lalu lanjutkan dengan toner yang di taruh di kapas dan di swipe ke wajah secara perlahan. Kalo wajahmu lagi kotor banget, kamu bakalan bisa melihat kotoran yang menempel pada kapas.

Tekstur toner ini cair dan warnanya agak kekuningan. Wanginya hampir saya kaya wangi cleansing milk-nya tapi jauh lebih mild. Toner ini sama sekali nggak lengket dan nggak bikin kulit kering ketarik.

ristra6
Ingredients Ristra Toning Lotion

Kalo kalian penasaran toner ini termasuk exfoliating atau hydarating toner, well aku rasa dia nggak masuk keduanya sih karena menurutku dia lebih ke refreshing toner. Bisa jadi exfoliating toner itu pun bukan karena kemampuan toner ini untuk bikin sel kulit mati enyah tapi lebih karena kapas yang kita gunakan yang mampu mengangkat sel kulit mati. Yes, kapas pun termasuk exfoliating tools, yah. Tepatnya mild exfoliating.

Toner ini juga bermanfaat untuk mengembalikan pH kulit setelah melalui proses pembershihan.

Baca juga: Double Toning, Penting Nggak Sih?

Oh iya, produk ini aku gunakan hanya di pagi hari karena untuk malam aku lebih nyaman menggunakan exfoliating dan hydrating toner lain.

  • Moisturizing Cream (Tahap Moisturize)

ristra9

Salah satu tahap yang orang males banget buat lakukan di skincare routine adalah menggunakan moisturizer. Karena moisturizer itu biasanya bikin muka jadi cepat gerah dan berkeringat. Padahal tahap ini salah satu kuncian kalo mau punya kulit yang lembab dan sehat.

Moisturizing cream dari Ristra ini teksturnya cream kental, warnanya putih susu tapi nggak lengket kalau diaplikasikan ke wajah. Daya resapnya lumayan cepat tapi harus tetap dibantu dengan menepuk-nepuk agar penyerapannya semakin sempurna.

ristra10

ristra11

Sayangnya di kulitku yang cenderung oily, dia terlihat lumayan berminyak. Mungkin moisturizer ini akan lebih cocok digunakan oleh kalian yang kulitnya normal atau malah cenderung kering karena tampilan kilapnya kemungkinan akan sangat minim.

Over all, its a good moisturizer. Lembabnya lumayan nampol dan seperti yang aku bilang diatas: moisturizer ini nggak bikin cepat gerah dan berkeringat. Nyaman dikulit insyaa Allaah.

ristra17
Ingredients Ristra Moisturizing Cream
  • Sun Care SPF 17 (Tahap Protect)

ristra13

Tahap ini pasti orang paling males lakukan karena kebanyakan sunscreen yang ada di pasaran itu terasa berminyak dan bisa bikin kulit terlihat kusam. Kemungkinan kusamnya dikarenakan oksidasi, sih.

Padahal sunscreen itu penting banget untuk keberlangsungan kulit yang sehat. Udah tau belum kalo sunscreen adalah anti aging nomor wahid dibandingkan serum anti aging ina dan serum anti aging inu yang kadang harganya bikin kantong jebol?

Udah pada tau kan skincare anti aging itu harganya paling bisa bikin kantong jebol? *elus-elus ATM*

Kenapa sunscreen penting banget banget banget? Intinya matahari itu punya pengaruh buruk untuk kulit yang bisa mengakibatkan early sign of aging sampai ke kanker kulit. Nggak mau kan umur 25 tapi udah kaya umur 40? Atau kena kanker kulit karena sering banget panas-panasan dibawah sinar matahari tapi nggak pernah memakai proteksi?

Baca juga: Skin Hero: Sunscreen

Tekstur suncare SPF 17 dari Ristra ini creamy dan kental, berwarna putih plus wanginya agak sedikit menyengat. Agak sulit dideskripsikan wanginya kaya wangi apa. Walaupun creamy tapi menurutku cukup ringan, gampang dibaurkan dan cepat mengering di wajah. Hanya saja kalo makenya kebanyakan dan kita berkeringat, nanti akan muncul beberapa spot berwarna putih. Aku rasa ini disebabkan karena warna sunscreen ini sendiri yang berwarna putih. Mungkin salah satu ingredients-nya ya yang menyebabkan itu.

rista15
Ingredients Ristra Suncare SPF 17

Hal pertama yang aku suka adalah dia nggak bikin kulitku jadi berminyak. Hasilnya semi matte. Sayangnya white cast-nya lumayan parah. Hiks. Sedih. Dipake dua sepertiga ruas jari (aturan pemakaian sunscreen sebanyak ini, ya), kulitku jadi putih banget kaya Geisha.

Lalu, kalo mau reapply tapi sunscreen sebelumnya nggak dibersihkan dulu alias main tumpuk, mereka akan saling menggumpal alias balls up/pilling. So, aku sarankan kalian bersihkan dulu wajah dengan air atau micellar water baru  setelah itu reapply.

Karena whitecast-nya yang lumayan ini, makanya aku better make sunscreen Ristra ini di tangan. Yap, di tangan juga aku pake sunscreen karena sehari-harinya aku ke kantor menggunakan motor jadi proteksi untuk tangan juga harus ada walaupun aku menggunakan sarung tangan.

Hal lain yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk Tim Ristra adalah perlunya ditambahkan keterangan seberapa besar proteksi dari UVA yang dipunyai sunscreen ini. Proteksi terhadap UVA pada sunscreen biasanya ditandai dengan PA+ atau PA++ atau PA+++. Ristra hanya memberikan keterangan bisa memproteksi dari UVA dan UVB SPF 17.

Apakah SPF 17 cukup proteksinya? Menurutku cukup selama sunscreen tersebut bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB, banyaknya pemakaian sebanyak dua sepertiga ruas jari dan rajin-rajin reapply. Setinggi apapun SPF yang terkandung dalam satu sunscreen tapi kita males reapply ya bakalan percuma juga. Reapply lah sesuai dengan tingkat aktivitas yang sedang kita lakukan. Semakin intense kulitmu terpapar matahari dan makin sering kamu berkeringat maka kamu harus makin rajin reapply sunscreen-mu.

  • Scrub Cream (Extra Care: Physical Exfoliating)

ristra12

Exfoliating adalah tahap membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit yang manfaatnya membuat kulit kita terlihat lebih cerah dan lebih sehat. Exfoliating sendiri dibagi menjadi dua yaitu physical dan chemical. Physical menggunakan scrub dan chemical menggunakan toner yang mengandung AHA, BHA, PHA dan lain-lain.

Scrub cream Ristra ini berwarna putih, bertekstur cream dan memiliki butiran yang halus. Wanginya floral segar. Sejujurnya kulit wajahku tipe yang easily sensitize sama scrub. Terakhir kali aku pake scrub, kulitku langsung kemerahan, perih dan breakout padahal aku nggak gosok kencang. Berdasarkan pengalaman itu, aku nggak berani lagi pake scrub diwajah. Aku prefer untuk pake chemical exfoliator seperti toner AHA dan BHA untuk  mengeksfoliasi kulit.

ristra14

Untuk tahap ini nggak perlu dilakukan tiap hari, ya. 2-3 kali seminggu juga sudah cukup. Kalau kalian menggunakan scrub, skincare routine kalian jadi seperti ini

double cleansing menggunakan extremely gentle cleansing milk dan medicated soap – exfoliating menggunakan scrub cream – toner menggunakan toning lotion – moisture menggunakan moisturizing cream dan terakhir protect dengan suncare SPF 17

Jadi produk ini aku gunakan di badan. Kulitku jadi bersih, keliatan lebih cerah, halus dan lembut. Rasanya fresh banget dan aku suka sama hasilnya! Buat kalian yang nggak ada masalah sama scrub buat wajah, aku rasa kalian akan suka produk ini karena scrub-nya sama sekali nggak bikin kulit sakit.

Scrub ini juga akan menghasilkan busa ketika kamu basahi dengan air. Aku pribadi menyarankan pemakaiannya tetap setelah double cleansing, ya, meskipun dia menghasilkan busa.

ristra18
Ingredients Ristra Scrub Cream

FINAL THOUGHT

Menurutku serangkaian perawatan kulit dari Ristra ini cocok banget buat pemula yang baru mau mendisiplinkan diri sama basic skincare. Selain kualitasnya yang nggak bisa diremehkan, semua produk Ristra dalam rangkaian ini memiliki pH yang berkisar pada angka 4.5-5.5 plus harganya affordable dan gampang banget dicari di pasaran. Kalian nggak perlu PO dan nunggu lama kalo produknya udah mau habis. Bete banget kan kalo telat nyetok skincare dan skincare yang kita pake tinggal seuprit?

Lagipula, Ristra mengklaim sebagai ahlinya kulit tropis, yang artinya formulasinya sudah disesuaikan dengan kita yang tinggal di iklim tropis ini. Amannya lagi, semua produk Ristra telah teruji secara dermatologi.

Apa artinya produk dengan pH 4.5-5.5? Artinya produk tersebut balance. Produk yang pH balance kecil sekali kemungkinannya bakalan bikin skin barrier yang kamu punya menjadi damage karena dia nggak menarik semua kelembaban alami kulit.

Selain itu serangkaian produk ini juga bisa banget dicoba buat para remaja yang rata-rata punya budget terbatas dan biasanya belum tergugah untuk make step skincare yang terlalu panjang. Pake skincare itu as soon as possible yah, adik-adikku sayang. Sayangilah kulit kalian. Jangan baru sibuk kasak kusuk mikirin pakai skincare pas kulitnya jadi bermasalah.

Packaging-nya juga menarik. Aku suka banget sama pilihan warna yang hijau telur asin dan kuning kombinasi merah untuk suncare.Seluruh botol terbuat dari plastik jadi nggak perlu takut kalo pengen dibawa travelling. Kamu juga akan dapat pouch bening kalo belinya langsung sepaket. Berguna banget sih untuk bikin skincare-mu terlihat rapih.

Terakhir, goals jangka panjang terhadap kulitku adalah punya kulit seperti Ibu dan mertuaku. Memasuki usia akhir 50an dan 62 tahun tapi masih dikira usia 40 dan 50an. Forever young! Makanya mulai dari sekarang aku selalu pake skincare religiously. Ogah dikira orang kakak-adik 

RATING

4/5

PRICE

Around IDR 250.000 per paket. Dijual per satuan produk juga, kok.

WHERE TO BUY

Instagram @ristra.id

Website www.ristra.co.id

Atau di Reseller mereka yang sudah tersebar di seluruh Indonesia

#RistraCosmetodermatology #TropicalMe #SecantikIbuku

Semoga postingan ini bermanfaat and i’ll see you on my next post!

Love,

img_0722

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *