Review

Review: Votre Peau Vitamin C Serum

Assalamu’alaykum ♥

Masyaa Allaah sudah lama sekali rasanya sejak terakhir post di blog ini. Maklum ya Mamak-Mamak punya banyak tugas negara hehe. Selain itu juga nulis di blog itu punya effort lebih dibandingkan nulis di Instagram. Luar biasa buat teman-teman yang rajin ngeblog. Salut banget sama semangatnya!

Apa kabar semua? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat walafiat dan senantiasa dalam lindungan Allaah Subhanahu Wa Taa’la. Yang sedang tidak sehat pun insyaa Allah segera diberikan kesehatan lagi ya. Sakit itu insyaa Allaah adalah penawar dosa kita. Aamiin ya Rabbalalaamiin.

Baiklah. Langsung saja ke bahasan kali ini, aku bakalan me-review salah satu produk yang beberapa bulan terakhir menjadi andalanku dalam proses memperbaiki kondisi kulit yang kusam dan bekas jerawat. Yang rajin liat Instagramku, mungkin udah tau ya produknya apa karena produk ini sudah beberapa kali masuk ke dalam postingan skincare routine-ku.

Yes! Votre Peau Vitamin C serum. Vitamin C sendiri sudah famous banget sebagai salah satu brightening agent yang cukup ampuh. Nggak salah banyak banget orang yang nekat berusaha menggosokkan lemon ke kulitnya. Apakah ini baik untuk kulit? Hmm… aku rasa enggak. Akan besar sekali kemungkinan untuk iritasi. Duh, kalo udah iritasi bakalan panjang lagi deh ya ceritanya. Jujur ku tak shanggup

Dan aku pun adalah salah satu orang yang percaya, tidak semua yang alami (dalam artian raw-single ingredient dan DIY skincare) itu aman dan lebih baik buat kulit.

Kita langsung masuk aja ya ke review-nya. Check it out!

VOTRE PEAU VITAMIN C SERUM

VP
Box dan botol Votre Peau Vitamin C Serum

Votre Peau adalah brand skincare lokal yang berada dalam naungan Maharis Clinic. Walaupun brand lokal tapi Votre Peau mengambil bahan-bahan dari Perancis. Dan kalo aku nggak dapat info, arti Votre Peau itu adalah kulitmu dalam Bahasa Prancis. Dan yang bikin produk ini lebih menarik lagi, foundernya adalah seorang Dokter Kulit. Jadi Insyaa Allaah ilmunya terpecaya yah.

Bangga banget deh sama skincare lokal yang sekarang banyak banget bermunculan dengan kualitas yang bisa bersaing dengan produk luar negeri. Jadi kita pun sebagai skincare enthusiast jadi punya lebih banyak pilihan untuk kulit.

Sebenarnya Vitamin C serum Votre Peau ini ada dua jenis: botol coklat yang aku pake ini dan botol biru. Bedanya apa? Botol biru untuk pemakaian lebih advance dan untuk masalah kulit yang lebih serius karena mengandung tranexamic acid. Dan yang botol biru ada tulisan Maharis Clinic di bagian bawah merknya.

KLAIM

VP3

PACKAGING

VP2

VP1

I loveeee the packaging. Walaupun aku bukan banci packaging tapi wajar nggak sih kalo kita suka ngeliat sesuatu yang di design menarik? Nah menurutku packaging Votre Peau Vitamin C Serum ini oke banget. Eye catching gitu.

Box-nya warna cream muda dengan gambar daun (atau pohon?) dan jeruk. So beautiful! Ada yang bisa kira ini produk lokal? Aku sih enggak. Kupikir awalnya Votre Peau merk Prancis karena namanya juga terdengar sangat Prancis sekali dan packagingnya yang dibuat nggak asal-asalan.

Botolnya terbuat dari kaca berwarna coklat gelap. Dari beberapa sumber yang aku baca itu adalah salah satu cara untuk menjaga Vitamin C nya tetap stabil karena sifat dari Vitamin C itu sendiri mudah teroksidasi.

Aku jadi inget dulu pernah beli Vitamin C merk Korea: OST C20. Mungkin yang udah ngikutin Korean Skincare dari tahun 2015 kebawah pasti tau lah ya sama Vitamin C ini. Super duper banyak yang suka. Nah Vitamin C serum dari OST ini harus dimasukkan ke kulkas karena gampang teroksidasi. Sama sekali nggak bisa kalo ditaro di dalam suhu ruangan apalagi suhu panas. Bakalan cepat berubah warnanya dari bening menjadi kekuningan atau bahkan kuning pekat. Nah kalau warnanya sudah kuning pekat, sebaiknya segera dibuang karena katanya manfaatnya juga udah berkurang atau malahan nggak ada.

Segampang itu memang Vitamin C serum teroksidasi.

Tapi tenang, Votre Peau nggak kok. Menurutku malah sangat stabil. Terbukti nggak ada arahan suruh dimasukkan ke kulkas dan benar sekali sampai produknya habis kondisinya tetap stabil. Nggak ada yang berubah mulai dari wangi sampai ke warna. Tetap sama kondisinya seperti awal.

WANGI

Citrusy. Tapi bukan wangi citrus yang seger menurutku. Bukan juga wangi citrus favoritku tapi its okay. Hidungku masih bisa mentolerir wanginya.

INGREDIENTS

Water, Propylene Glycol, Ethyl Ascorbic Acid, Hydroxyethylcellulose, Salicylic Acid, Alcohol, Tocopheryl Acetate, Sodium Benzolate, Tetra Sodium EDTA, Chlorphenesin, Fragrance

Yes, jenis Vitamin C yang dipakai adalah ascorbic acid. Dan ethyl ascorbic acid adalah turunan dari ascorbic acid yang telah di formulasi sedemikian rupa agar jadi lebih stabil. Inilah jawabannya kenapa serum Vitamin C Votre Peau ini nggak gampang teroksidasi! Persentase ethyl ascorbic acid yang dipakai adalah 10%.

Ada salicylic acid juga yah. Yang acne dan acne prone, yuhuuuu. Udah pada tau lah ya salicylic acid ini adalah salah satu ingredient yang bermanfaat banget untuk membantu penyembuhan jerawat.

Walaupun ada alcohol produk ini sama sekali nggak drying, malah lembab. Alcohol disini fungsinya menurutku membuat teksturnya jadi lebih cair biar lebih gampang terserap kulit.

Pengawetnya pake sodium benzoat dan masih ada fragrance. Hati-hati yang kulinya sensitif sama fragrance. Ada kemungkinan bisa mengiritasi kulitmu.

TEKSTUR

VP4VP5VP6

Teksturnya gel bening dan gampang banget di blend ke kulit. Terserapnya juga sangat gampang. Tinggal di tap tap dikit dan dia langsung menghilang ‘diminum’ sama kulit kita. Sama sekali nggak lengket. Tipe tekstur yang aku suka banget.

ISI

30 ml. Bisa untuk pemakaian kurang lebih 6 minggu, pagi dan malam. Sekali pake satu setengah sampai dua pump.

CARA PAKAI

Setelah double cleansing, ambil 1 sampai 2 pump dan oleskan merata di seluruh wajah dan leher. Bisa juga dipakai di slot serum, ya.

REVIEW

Sejujurnya dari awal nyobain Vitamin C serum OST C20 tahun 2015 dulu, aku udah ngerasa sih kalo Vitamin C adalah semacam jodoh kulitku. Meskipun dulu aku masih belum tau cara pemakaian acid yang benar (masih belum ngerti hydrating toner adalah sebuah keharusan muehehe), yang aku rasakan kulitku jadi jauh lebih cerah. Ya tentu aja kulitku rasanya kering kerontang ya tapi aku cukup happy dengan hasilnya.

Dan lamaaaaaa banget aku putus dari Vitamin C serum sampai akhirnya aku merasa jerawatku sudah cukup bisa terkontrol dan aku butuh sesuatu yang bisa mencerahkan. Sampailah aku pada pencarian produk apa yang kira-kira cocok. Browsing sana sini (baca: meracuni diri sendiri) dan aku teringat lagi soal Vitamin C. Dan berlabuhlah aku pada Vitamin C serum Votre Peau karena liat youtubenya Female Daily.

Dengan produk ini aku sama sekali nggak ada masalah. Mulai dari tekstur sampai ke hasil yang aku rasakan. No cekit-cekit, no perih, no panas atau reaksi negatif lain yang biasa muncul ketika pemakaian Vitamin C. Sangat nyaman dipakai walaupun pemakaian pagi hari. Kenapa aku pakai Vitamin C serum di AM skincare? Karena Vitamin C bagus untuk anti oksidan. Secara ya kalo pagi kan kita terpapar polusi dan kotoran apalagi buat yang tinggal di kota besar kaya Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain-lain yang polusinya super parah. Nah Vitamin C membantu kulitmu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel kulit kita.

Yang bikin makin happy di pemakaian minggu kedua, adikku yang mulainya me-notice kalo bekas jerawatku di pipi sebelah kanan yang lumayan tebal jadi jauh lebih memudar. Bekas-bekas jerawat lain yang nggak seheboh itu juga jadi keliatan lebih sopan.

Dan ketika aku bandingkan dengan foto di gallery hp pas awal pemakaian, aku baru engeuh its a pretty huge difference! Bekas jerawatnya memang jadi memudar dan hampir nggak keliatan. Super happy!

Aku pun merasakan kulitku jadi lebih cerah karena biasanya kalo sudah sore udah mulai lah ya muka lecek apalagi Bukibuk yang habis ngerjain pekerjaan rumah tangga. Belum lagi lepek setelah seharian kerja dikantor. Tapi ini kok rasanya muka agak jadi lebih enak diliat haha. Perlu dicatat tidak membuat lebih putih, ya. Brightening dan whitening adalah hal yang jauh berbeda menurutku.

Aku sempat mencoba dua metode dalam pemakaian Vitamin C serum ini. Karena ada yang bilang pemakaian Vitamin C serum pada saat bare face (belum terkena skincare apapun), itu lebih efektif daripada dipakai di slot serum which is udah terkena banyak skincare lain. Apalagi dengan waktu tunggu yang 45 menit. Katanya bakalan lebih cihuy. Benarkah?

Di aku sih enggak. Hasilnya sama aja. Mau dipakai setelah double cleansing atau di slot serum, sama-sama efektif. Mau pake waktu tunggu 45 menit atau cuma menunggu sampai meresap, sama-sama membawa hasil yang baik.

Tapi untuk kamu, silahkan coba sendiri ya. Hasilnya mungkin akan bervariasi karena kemarin aku sempat ngobrol dengan Kak Amal @deszell, Kak Amal bilang kalau di beliau, Vitamin C serum itu harus dipakai setelah hydrating products. Entah itu hydrating toner atau hydrating serum atau kombinasi keduanya. Kenapa harus gitu? Karena kulit Kak Amal kering dan sedikit banyak Vitamin C itu akan membuat kulit kering makin terasa kering.

Gimana dengan kulit berminyak? Berdasarkan pengalamanku oke-oke aja dipakai langsung setelah double cleansing pada saat kulit belum kena skincare apapun. Sama sekali nggak bikin kulit kering walaupun tidak memberikah hidrasi juga. Mungkin untuk kulit kering bisa coba cara Kak Amal tadi ya.

Memangnya boleh berbeda cara pemakaiannya kaya itu? Boleh banget. Metode pemakaian skincare itu nggak ada yang benar atau salah. Kewajiban kita mencari mana yang nyaman di kulit dan yang works better.

Apakah aku merekomendasikan produk ini? Tentu! Apalagi buat pemula yang mau naik kelas dari basic skincare ke serum-seruman dan mulai penasaran sama Vitamin C. Monggo dulu dicoba Votre Peau Vitamin C serum ini.

Tips dan Catatan: JANGAN LUPA PAKE SUNSCREEN YA! Vitamin C kemungkinan akan membuat kulitmu jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Aku tidak memakai Vitamin C serum ini single use. Aku mengkombinasikannya dengan produk lainnya dalam rangkaian skincare routine harianku.

PRICE AND WHERE TO BUY

IDR 220.000, online shop atau reseller resmi Votre Peau

RATING

4.5/5

REPURCHASE

Mungkin. Aku punya beberapa Vitamin C serum lain yang harus dicoba dan penasaran juga sama si botol biru. Haha. Mamak ini memang banyak maunya.

Note: Aku membeli produk ini dengan uang pribadiku. Jadi semua review diatas murni merupakan honest review berdasarkan pengalamanku selama menggunakan produk tersebut tanpa ada intervensi dari pihak mana pun.

Semoga review ini bermanfaat dan sampai jumpa di post selanjutnya!

Love,

img_0722

9 thoughts on “Review: Votre Peau Vitamin C Serum”

  1. Assalamualaikum Mba Ambar,

    Aku juga udah cobain yang ini. Dari sepengalaman aku emang ini enak banget sih. Cepet nyerepnya. Aku pribadi lebih suka yang ini daripada yang biru. Plus minus sih. Kalo di aku yg ini untuk bekas jerawat Sama ngeratain skin tone. Yang biru ok di tekstur jadi Alus banget muka. Tapi untuk dark spot ini lebih nampol. Mbak Ambar yg VIT c 20 review-nya ada gak? Aku sekarang lagi pake the ordinary. Tapi tricky banget makenya ribet haha.

    1. Thanks for share Mbak. Mudah-mudahan yang lagi cari review bisa baca pengalaman Mbak jg. Vit C 20 nggak pernah aku review Mbak. Secara makenya udah lama banget hihi. Udah banyak yang lupa juga.

  2. Alhamdulillah, review yang ditunggu tunggu akhirnyaa keluar juga. Mau beli ini juga mbaa taoi nunggu review dari mba ambar hehe. Fix kena racun kinans lagi >•<.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *