Review

Review: Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++

Assalamu’alaykum 

Siapa yang udah rajin skincare-an tapi belum rajin pake sunscreen?

Kalo ada, mulai sekarang kayanya harus segera nambahin sunscreen deh di skincare routine kamu. Kenapa? Karena sunscreen itu kalo diibaratkan adalah tameng untuk skincare yang kamu pake sebelumnya biar nggak sia-sia kalo kena sinar matahari secara langsung. Jadi percuma deh ya beli skincare mahal-mahal tapi kamu masih skip sunscreen.

Untuk penjelasan lebih lanjut soal sunscreen, bisa baca dulu postinganku yang ini ya sebelum baca review produk apa aja yang mungkin bisa dijadikan pilihan skincare yang akan kamu pakai.

Sekarang langsung saja ya kita bahas review Lalawin UV Matte Shield SPF 50 PA+++ yang lumayan banget yang nagih review-nya. Sebenarnya Lalawin mengirimkan aku dua produk, yang satu sunscreen untuk wajah dan satu lagi untuk badan. Tapi yang buat badan review-nya akan menyusul yah, sekarang aku posting yang buat muka dulu.

Aku sendiri sebelumnya belum tau sama brand Lalawin. Bahkan denger namanya aja belum pernah karena aku memang nggak pernah ngelirik skincare dari Thailand. Pas nerima Direct Message di Instagram dari Team Lalawin untuk request review produk mereka, baru deh aku tau ternyata Lalawin adalah brand asal Thailand yang memang fokus menyediakan sunscreen yang bisa dipakai oleh kulit orang Asia yang rata-rata memiliki jenis kulit berminyak karena tinggal di daerah tropis. Dalam hal ini, Lalawin sendiri sudah bertahun-tahun melakukan research agar mendapatkan formulasi terbaik agar menghasilkan produk yang berkualitas.

Langsung saja kita masuk ke review produknya, ya. Check it out!

GARNIER SKIN NATURAL SERUM MASK HYDRA BOMB AND SAKURA WHITE (5)

Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++

Aku selalu excited kalo nemuin produk hybrid: produk yang punya beberapa kegunaan. Kaya Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++ ini, selain berfungsi sebagai sunscreen yang melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari, dia juga bisa digunakan sebagai base make up. Ringkas banget ya. Apalagi buat yang pagi-pagi suka buru-buru untuk beraktifitas kaya ngantor, kuliah, dan lain-lain. Nggak perlu templak templok banyak skincare baru dilanjut make up. Setidaknya dengan make Lalawin ini, dua step langsung didapatkan hanya dengan sekali pengaplikasian produk.

lalawin11

Packaging

Aku suka banget sama warna yang dipilih Lalawin: gradasi putih dan ungu. Walaupun keduanya bukan warna favoritku tapi kombinasinya manis dan feminim gitu yah. Untuk Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++ sendiri warna bagian atasnya ungu dan bawahnya putih. Tube-nya kecil, isinya 30ml. Jenis tube-nya nggak terlalu tipis dan nggak terlalu tebal tapi cukup enak dipencet untuk mengeluarkan produknya. Tulisan dan logo Lalawinnya pun gemash  karena menggunakan tinga silver.

lalawin12

Klaim

Untitled

Tekstur dan Wangi

lalawin5lalawin6lalawin7lalawin8lalawin9

Teksturnya cream berwarna kuning agak kental tapi “kering”. Maksudku teksturnya kaya nggak solid gitu. Biasanya cream yang suka kita temuin di skincare itu rada basah gitu  kan ya karena ingredientsnya mungkin kebanyakan terbuat dari air. Nah sunscreen ini enggak seperti itu. Walaupun tekstur cream-nya kering tapi sangat mudah diratakan dan aku nggak perlu tepuk-tepuk untuk memastikan creamnya udah menyerap sempurna karena dia udah kering dikulit.

Secara ini physical sunscreen (mengandung zinc oxide dan titanium dioxide), aku ngerasain banget sunscreen-nya nggak menyerap tapi hanya “duduk” di permukaan kulit. Selain karena dia termasuk physical sunscreen, dia juga mengandung 9 silicone makanya setelah pemakaian kulit langsung berasa halus dan keliatan smooth. Jadi menurutku sangat cocok digunakan untuk kalian  yang memang mau hasil make  up yang flawless.

Wanginya sama sekali nggak tercium apa-apa. Klaim dari Lalawin pun mereka gak pake fragrance ya. Jadi Insyaa Allaah lebih safe untuk kalian yang kulitnya sensitif sama parfum-parfuman didalam skincare.

Ingredients

lalawin10

Ingredients yang belakangnya ada -cone itu adalah jenis silicone yang dipakai. Yuk kita hitung: cyclomethicone, dimenthicone crosspolymer, PEG-10 Dimethicone Alumina, Methicone, Simethicone, Acrylates/Dimethicone Copolymer, Phenyltrimethicone, Silica, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane. Yap, bener 9 ternyata.

Apakah silicone ini termasuk aman? Yes of course. You can google it kalo penasaran.

Selain itu juga sunscreen ini mengandung apple seed yang katanya bagus untuk antioksidan yang bisa mencegah kerusakan kulit plus Vitamin E yang diklaim bisa untuk efek anti aging. Tapi tentu aja ini efek jangka panjang ya. Kalo memang efek antioksidan dan anti aging yang lebih nampol, aku sarankan lebih baik cari serum, ampoule atau essence  yang memang zat aktifnya lebih banyak.

Review

Awalnya aku sempat takut mau nyobain sunscreen ini karena ngeri ngeliat ingredients-nya yang punya 9 jenis silicone. Tapi pas nanya sana sini dan baca sana sini, banyak yang bilang bahwa silicone itu gak bakalan bikin clogged pores kok kalau kita tuntas membersihkannya dengan double cleansing. Bahkan sebenernya bisa menyamarkan tampak pori yang besar. Akhirnya aku beranikan diri untuk mencobanya.

Surprisingly! Aku sama sekali nggak breakout pas nyobain sunscreen ini buat pertama kalinya. Karena kulitku termasuk kulit yang cukup reaktif, biasanya nggak perlu lama-lama untuk tau apakah aku cocok atau nggak cocok sama produk. Biasanya dipakai pagi, siang atau sorenya aku udah jerawatan kalo produk itu nggak cocok di aku.

Lalu, untuk pemakaian selanjutnya pun di aku aman: no breakout and no other negative reactions. Alhamdulillah.

Seperti yang udah aku sebutkan diatas, pas pengaplikasian produk ini memang rasanya kulit langsung halus dan keliatan smooth. Cocok banget sih untuk dipakai sebagai base make up. Tapi berhubung aku nggak pernah ber-make up, jadi aku menjadikan ini hanya sebagai sunscreen aja. Di aku finish-nya memang matte dan hasilnya kaya pake BB/CC Cream: kulit jadi keliatan jadi lebih cerah dan menyatu dengan warna kulit. Jadi bukan keputihan warna kulitnya yang kaya Geisha gitu ya.

Nah, apakah matte-nya bertahan 12 jam seperti klaimnya? Enggak. Di aku 4-5 jam sudah berminyak lagi. Ya secara kulitku memang tipenya berminyak. Tapi aku nggak mempermasalahkan hal itu karena aku pun bukan penggemar matte-look.

Sunscreen ini juga nggak bikin kulitku kering. Ada kan produk skincare matte yang juga sekalian bikin kulit rasanya juga ikut kering?

Yang bikin aku seneng, setelah 2-3 jam dipakai dan sunscreen-nya udah mulai kena minyak wajah, menurutku hasilnya jadi bagus banget. Dewy ala Onnie Korea gitu. Which is i like! Love banget.

Final Thought

Buat kamu yang lagi nyari produk sunscreen hybrid, i think this product worth to try. Sunscreen ini walaupun termasuk physical sunscreen tapi sama sekali nggak berat di kulit. Cuma memang untuk reapply agak susah ya. Pengalamanku untuk reapply, kalo ditumpuk malah bikin lapisan sebelumnya jadi kaya jadi ngegumpal. Jadi memang harus dibersihkan dulu secara tuntas baru bisa reapply.

Dan makenya pun nggak perlu sampai 2 1/2 ruas tangan kaya aturan make sunscreen yang biasa kita pakai karena pasti akan too  much di muka kamu. Mungkin akan terasa terlalu berat juga. Pemakai satu setengah ukuran biji jagung aja sudah cukup meng-cover seluruh muka. Walaupun pemakaiannya nggak banyak tapi juga nggak bikin kulitku belang-belang.

Berhubung sunscreen ini waterproof dan daya waterproof-nya lumayan, jadi buat yang muslim aku sarankan makenya pas lagi haid aja. Dari mana aku tau waterproof-nya lumayan? Aku tes mengoleskan sunscreen ini di atas kertas. Tetap menyerap air sih tapi agak lebih lama daya serapnya dibandingkan sunscreen waterproof lain.

Emang boleh sholat pake sunscreen waterproof? Nah aku udah bahas nih di highlight Instagram-ku yang judulnya WATERPROOF. Yang penasaran boleh mampir ke Instagram@kinans.review yah!

Saranku untuk berjaga-jaga kalau memang pengen pake sunscreen ini untuk sehari-hari: bawalah persediaan micellar water untuk menghapusnya tapi jangan lupa bilas air lagi. Sampai rumah tetap harus double cleansing ya!

Rating

3.8/5

Price

IDR 350.000. Agak mahal memang sih ya untuk isi 30ml. Tapi untuk yang sehari-hari ber-make up, menurutku malah hemat loh karena nggak perlu beli primer lagi.

Where to buy?

Instagram: @lalawin.id atau website www.lalawin.co.id

Note: This product is PR Gifted for review purpose but my opinion is honest and not influenced by the brand.

See you on my next post!

Love,

img_0722

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *