Routine

My Skincare Routine: July 2018

Assalamu’alaykum 

Tulisan ini paling banyak diminta sama teman-teman di Instagram: produk apa aja yang sedang aku pakai sekarang. Nah jadinya aku mau share skincare routine AM dan PM ku per bulan Juli 2018 ini, ya. Siapa tau bisa jadi referensi buat yang lagi bingung cari-cari produk skincare yang mungkin cocok sama kulitnya.

DISCLAIMER

  • kulitku oily acne prone, dehydrated dan banyak bekas jerawat. Jadi fokusku sekarang adalah menghidrasi kulit dan menyamarkan bekas-bekas jerawat.
  • Reaksi kulit tiap orang itu berbeda-beda sama skincare atau ingredients tertentu. So take this as advice yah bukan untuk dicontek semua. Sesuaikan lagi skincare routine kalian dengan kebutuhan kulit karena hanya kitalah yang sesungguhnya mengerti kemampuan dan kebutuhan kulit kita.

 

SR

Ini semua adalah produk yang rutin aku pakai siang dan malam. Tentu aja nggak semua produk ini aku pakai dalam waktu bersamaan ya. Ada yang aku pakai pagi aja, ada yang malam aja dan ada yang cuma 2-3 hari sekali atau bahkan mingguan.

PENJELASAN PRODUK DAN  URUTAN PEMAKAIANNYA

AM SKINCARE ROUTINE

sr2

1. Cuci muka dengan air

Air yang dipakai bukan air hangat atau air es, ya. Cukup air biasa dari keran yang bersuhu ruangan. Untuk pagi, aku gak pake facial wash apapun. Udah ngelakuin ini setahun lebih dan memang rasanya kulit jauh lebih sehat plus yang tadinya muka selalu berasa jadi tambang minya sekarang jauh lebih mendingan. Aku akan cuci muka  pagi dengan facial wash kalo aku ngerasa muka kayanya kotor banget atau skincare routine malam aku rasanya terlalu berminyak dan licin.

2. Etude House Wonder Pore Toner

Cara pengaplikasiannya dengan menggunakan kapas yang kemudian di swipe ke wajah seperti biasa kita pakai toner. Nanti akan terangkat sisa-sisa kotoran yang masih nempel. Untuk kemampuan Wonder Pore Toner ini sebenernya biasa aja sih. Klaim dari produk yang katanya bisa menghilangkan komedo itu gak aku rasain sama sekali. Tapi untuk Ph Balance Toner dia lumayan. Plus kotoran dan sisa skincare malam juga terangkat. Bisa dibilang sih produk ini adalah basic skincare yang lumayan untuk hanya sekedar menetralkan Ph kulit.

3. Cremorlab Mineral Treatment Essence (*)

Produk ini fungsinya untuk mempersiapkan dan membantu penetrasi skincare setelahnya agar makin meresap di kulit. Cara pakainya tuang sedikit ditelapak tangan dan tepuk-tepuk lembut di wajah dan leher. Gak usah diusrek-usrek, ya biar kulitnya gak iritasi dan nggak cepat kendor. Aku baru nyobain ini beberapa hari and we’ll see bagaimana reaksinya dikulitku. Mudah-mudahan cocok dan bikin makin kinclong.

4. Naruko Rose and Botanic HA Aqua Qubic Hyrator EX

Hydrating toner yang lembabnya lumayan nampol seharian. Untuk pagi aku makenya 2 lapis. Tapi bisa 3 sampai 4 lapis juga kalo aku ngerasa kulitku lagi super kering. Review lengkap Naruko Rose and Botanic HA Aqua Qubic Hydrator EX sudah aku tulis disini, ya!

5. Olaskin Grape Seed Oil (Face Oil)

Review lengkap Olaskin Grape Seed Oil bisa dibaca di postingan yang ini. Step ini juga gak bisa aku pisahin dari skincare routine-ku sehari-hari. Selain berfungsi menambah kelembaban kulit, face oil bisa juga bisa nge-lock kelembaban dari skincare sebelumnya biar nggak nguap karena cuaca dan panas matahari. Dipakainya setelah step moisturizer. Sayangnya aku nggak cocok face oil dipakai setelah moisturizer karena malah bikin breakout.

6. CosRX Oil Free Ultra Moisturizing Lotion

This is my holygrail product! Aku super duper mega cinta sama dia. Mungkin ini sudah botol ke 4 atau 5. Pernah beberapa kali coba selingkuh ke moisturizer lain tapi selalu balik lagi ke dia. Review-nya sudah pernah aku posting di IG @kinans.review . Yang mau baca boleh mampir IG ku, ya.

7. Skin Aqua UV Moisturizer Gel SPF 30 PA++ atau Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++ (*)

Ini bisa dibilang step paling krusial. Karena sunscreen itu garda paling depan yang melindungi kulit kita dari pengaruh buruk sinar matahari. Nah penjelasan soal ini sudah pernah aku tulis disini.

Untuk sehari-hari aku menggunakan 2 sunscreen: Skin Aqua dan Lalawin. Untuk ke Kantor sih aku sering make Skin Aqua karena nggak ada warnanya. I prefer bare face kalo keluar rumah. Dan Lalawin aku pake kalo lagi dirumah aja karena ada efek kaya make BB Cream kalo diaplikasikan. Review Skin Aqua sudah ada di IG dan Lalawin on progress, ya.

8. Miss Ruthie Hydrating Essence Mist (*)

Kadang kalo siang-siang ngerasa kulit agak kurang segar dan ngantuk, aku suka semprot-semprotin face mist untuk menjaga kulit tetap hydrate. Sekarang aku lagi pake face mist dari Miss Ruthie. Wangi bunga mawar plus mintnya enak dan fresh banget. Ada rasa dingin juga pas kena kulit.

Foto face mist-nya ada di PM Routine. Maafkan aku yang salah mengelompokkan produk ke foto 😀

PM SKINCARE ROUTINE

sr5

1. Manyo Factory Pure Cleansing Oil

Ini first cleanser yang baru aku coba beberapa hari. So far oke sih dan nggak bikin aku breakout. Kemarin sudah cobain saudara kembarnya, varian Herb (botol hijau) dan aku cinta!

2. CosRX Low Ph Good Morning Gel Cleanser atau Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Aku suka banget sama gel cleanser-nya CosRX karena ringan dan nggak bikin kulitku berasa kering dan ketarik habis cuci muka. Tapi penasaran juga sama Sensatia Botanicals yang katanya juga bisa melakukan hal yang sama. Sejauh ini sih masih CosRX juaranya menurutku.

3. Neogen Bio Gauze Peel Lemon atau CosRX One Step Pimple Original Pad atau Miss Ruthie Face Mask (*)

Ini tahap yang juga krusial kalo mau punya kulit mulus bebas jerawat dan mantan-mantannya tapi step ini lumayan tricky. Aku nggak exfoliating setiap hari dan nggak semua produk diatas aku pake. Cukup 3-4 kali seminggu dan pilih salah satu produk yang lagi pengen aku pake aja.

4. Cremor Lab Mineral Treatment Essence (*)

5. Naruko Rose and Botanic HA Aqua Qubic Hyrator EX

6. Votre Peau Vitamin C Serum

Ini juga termasuk skincare yang baru aku masukkan ke skincare routineku dan surprise! Memang sebagus itu ternyata. Senangnya lagi, Votre Peau ini produk lokal dengan harga yang lumayan affordable. Kalo aku lagi make exfoliating toner/pads, aku skip serum ini karena takut over exfoliating meskipun katanya Votre Peau Vitamin C Serum ini sangat ringan dan bisa dipake setiap hari. Review soon.

7. Olaskin Grape Seed Oil

8. Garnier Natural Skin Naturals Serum Mask Hydra Bomb Tissue Mask

Step sheet mask ini nggak tiap hari aku pake. Paling 2 sampai 3 kali seminggu aja. Produknya pun nggak harus dari Garnier, bisa apapun sheet mask yang lagi pengen aku cobain dan tergantung stock yang lagi ada.

9. CosRX Oil Free Ultra Moisturizing Lotion

10. Naruko Taiwan Magnolia Brightening and Firming Night Gelly EX

Sleeping mask ini beneran sebagus itu. Bangun pagi kulitku jadi lembab, cerah, ternutrisi, ahhh pokoknya banyak deh efek positif lain yang aku rasain setelah rutin make dia. Sleeping mask ini juga udah banyak banget yang nanyain review-nya di IG. Soon ya, i’m working on it!

Kondisi kulitku sekarang

Alhamdulillah dua bulan terakhir kulitku jauh lebih membaik daripada beberapa bulan lalu karena diserang jerawat hormonal cukup lumayan banyak di rahang. Nah dengan skincare routine-ku sekarang bekas jerawat di rahang itu sudah lumayan membaik dan jerawatnya sudah sangat terkontrol. Paling pas lagi haid dan kurang tidur aja suka ada jerawat nakal yang muncul.

Aku pun ngerasa kulitku jadi lebih cerah dan sehat. Beberapa orang terdekat pun bilang seperti itu. Semua usaha dan kerja keras selama hampir 4 tahun berbuah hasil. Trust me, nggak ada kinclong secara instan ya apalagi buat yang punya kulit lumayan banyak masalahnya kaya kulitku.

Sepertinya kulitku sedang bagus-bagusnya sekarang dan mudah-mudahan begini terus, deh. Aamiin.

NOTE : (*) PR/Sponsored by brand/online shop for review purpose

Kalau ada pertanyaan soal skincare routineku, feel free to ask, ya dan semoga tulisan ini bermanfaat!

img_0722

10 thoughts on “My Skincare Routine: July 2018”

  1. Kak, beli itu dimana ? Aku punya masalah kulit wajah, dulu pas kerja sering jerawatan bagian dahi daerah alis gitu soalnya ga pernah perawatan, sering kena debu matahari dan begadang.
    Pas berhenti kerja, bagian rahang dagu parah banget jerawat kecil-kecil gitu tp kyk bernanah gitu kalau di lihat dan itu suka gatel kadang perih.
    Aku termasuk orang yang awam soal skincare kak. Apalagi ga pernah konsultasi ke dokter.
    Wajahku sedikit berminyak daerah hidung daerah lain ga sih. Tp aku kemaren pakai facial foam Pond’s soalnya dulu cocok tp sempat berhenti pas pakai lagi jerawat di dagu pada bejibun. Terus skrg ganti Nivea malah tambah parah.
    Minta solusinya dong kak 🙁

    1. solusinya menurutku khatamkan dulu soal basic skincare baru lanjut pilih produk. soalnya percuma sih pilih produk tp kita sendiri belum ngerti kulit kita kenapa dan butuhnya apa. Semangat ya 🙂

  2. Assalamualaikum, mbak mau tanya cleansing oil dr ke 3 yg mbak pakai klo untuk mbak sendiri paling enak yg mana? Klairs, mayo factory hijau atau mayo factory kuning?

    1. wa’alaykumussalam warahmtullah wabarakatuh. aku sih lbh suka manyo factory. menurutku yang hijau dan yang kuning sama aja sih sbnrnya. Cuma yang kuning rasanya agak lebih lembab.

    1. salam kenal juga mbak 🙂 nggak bisa mbak, soalnya dia sleeping mask ya. Mendingan pakai pelembab daripada skip pelembab dan pakai sleeping mask.

  3. Assalamualaikum mbak Ambar..salam kenal. Kalo sy gak salah stalking, Mbak ambar ga ada pake serum ya… Dengan ingredient ttt… seperti hyaluronic acid serum, retinol serum dll… Kira2 pertimbangan nya apa. Trimakasih sebelumnya

    1. wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh. Wah, itu sudah lama mbak sekarang saya mulai pakai serum vit c lagi. bahkan di postingan ini saya sebutkan loh serumnya hehe.

  4. Assalaamu’alaikum mba ambar, salam kenal, salam #pcosfighters 💪🏻
    Aku mau tanya mb kan aku pengen coba Hydrating Toner hadalabo yg Ultimate moist light lotion, setelah itu apa harus pake moisturizer lg mba?? Klu di skip aja gppa mba?? Karna setelahnya aku bakal pake krim malam biasanya bangun pagi muka minyakan takutnya jd tambah berminyak. Bener ga mba??

  5. Wah luar biasa ya mbak perjuangan nya sampai 4 tahun, semoga semangat dan konsisten nya bisa aku tiru.. Btw, Ini aku baru mulai merawat dengan rangkaian skin care basic tapi umurku dah 25 tahun :(..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *