Review

Review: Garnier Skin Naturals Serum Mask Hydra Bomb & Sakura White Tissue Mask

Assalamu’alaykum

Hai teman-teman semua, apa kabar? Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan bathin. Pasti udah puas ya liburan, ber-silaturahim dan makan makanan bersantan, kastengel, nastar dan kawan-kawannya? Udah nambah berapa kilo?  razz

Jangan lupa untuk meng-qadha puasa dan puasa syawal ya kalau masih sempat.

Jadi, beberapa malam lalu aku iseng-iseng bikin polling di Instagram, teman-teman pengen review apa untuk postingan di blog selanjutnya. Aku kasih pilihan Garnier Skin Active Hydra Bomb Sheet Mask atau Face Oil dari Olaskin. Dan ternyata mostly (58%) pilih untuk aku me-review Sheet Mask Garnier yang lagi hype banget sekarang ini. Apakah kualitasnya sesuai dengan hype tersebut? Lets check it out!

Garnier sebenarnya udah merk lama yang ada di pasaran di Indonesia. Kayanya udah dari zaman aku SMP apa SMA gitu ya udah tau sama Garnier. Dulu banget pernah cobain face wash, moisturizer, toner sama peel off masknya yang lemon. Karena Garnier bagus? Entahlah. Dulu mah aku belum ngerti skincare. Ngertinya yang penting cuci muka sama pake pelembab dan sesekali maskeran. Yang pasti sih dulu tertarik beli Garnier karena warna packagingnya yang kuning gonjreng gemesh kaya warna stabilo😆

Habis itu lama deh putus gak pake Garnier lagi. Sampai tahun 2015 apa 2016 ya pas zaman micellar water baru naik daun di Indonesia aku baru ngelirik si Garnier lagi. Kesalahan fatal nomor sekian selama ber-skincare ria: JADIIN MICELLAR WATER SEBAGAI FIRST CLEANSER. Bahkan yang lebih parah adalah pas habis pulang setelah aktivitas seharian diluar rumah, saking malesnya cuma cuci muka cuma pake micellar water aja, nggak diikuti sama double cleansing lagi dan langsung templokin muka pake skincare lain kaya toner, pelembab dan kawan-kawannya.

Akibatnya apa? Jerawat guede-guede muncul dong meraja lela dimana-mana.

Memang kenapa micellar water gak boleh dipake sebagai andalan kita pas cuci muka? Jawabannya ada di postingan tentang double cleansing di sini, ya. Monggo dibaca. Lalu pas tobat pake micellar water sebagai first cleanser, udah deh tuh lupa lagi sama Garnier.

Nah sekarang mulai penasaran lagi sama Garnier pas mereka ngeluarin Garnier Skin Active Hydra Bomb Sheet Mask yang di Instagram udah banyak banget beauty blogger dan beauty influencer yang cobain. Yang bikin bahagia adalah sheet mask ini gampang bange ditemuin. Gak perlu beli online karena di drugstore semacam Guardian bahkan Alfamart dan Indomaret ternyata ada yang jual dengan harga yang reasonable. Malah pas aku beli lagi ada diskon beli 3 cukup bayar 2. Jadi double deh bahagianya. Who doesn’t love discount, yekan? Ihiyy.

Garnier Skin Naturals Serum Mask ini punya tiga varian: Hydra Bomb Intensive Hydrating Purifying Tissue MaskHydra Bomb Intensive Hydrating Bouncy Tissue Mask dan Sakura White Intensive Hydrating Radiance Tissue Mask.

Untuk newbie dan masih bingung sebenarnya sheet/tissue mask itu apa, aku jelaskan sedikit ya. Sheet mask itu tissue tebal yang gak gampang sobek walaupun direndam sama serum atau essence yang kemudian nanti kita tempel di wajah untuk jadikan masker.

Cara pakainya gampang banget, tinggal sobek kemasannya langsung deh ditempelin di kulit yang udah dibersihkan. Makanya sheet mask ini jadi favorit banyak orang. Selain itu karena kemasannya per satuan jadi kita bisa pilih banyak varian yang fungsinya juga berbeda-beda jadi kita bisa ambil berbagai macam manfaat setiap pemakaian sheet mask. Gak kaya skincare lain yang botolan dan isinya banyak yang kadang udah sampe bosen makenya tapi belum habis juga.

Awalnya sheet mask ini terkenal karena skincare Korea yang  digandungi oleh banyak penggemar K-drama dan K-pop. Dan sekarang, seiring dengan berjalannya waktu, skincare Korea malah jadi kiblat skincare dunia. Merk western dan skincare lokal sudah banyak yang mengadopsi step dan beberapa jenis skincare yang tadinya cuma ada pada skincare Korea. Tapi memang sih aku pribadi mengakui bahwa skincare Korea memang dalam beberapa hal lebih maju dibandingkan western dan local skincare.

Balik lagi ke review Garnier Sheet Mask Hydra Bomb dan Sakura White. Garnier sendiri sebenarnya merk skincare Prancis (yang orang banyak mengira ini adalah merk lokal karena dijual bebas di pasar, supermarket dan drugstore) yang juga mengikuti trend sheet mask Korea. Apakah Garnier bisa menandingi kualitas sheet Mask Korea yang sudah dulu terkenal kaya Innisfree, Nature Republic, The Face Shop, dan lain-lain?

garnier1

Klaim

Menurut Garnier, sekali pakai sheet mask ini setara dengan memakai 1 minggu serum.  Maksudnya hanya dengan menggunaan 1 masker ini sama dengan 1 minggu kadar konsentrasi serum jika dilihat dari kandungan aktif zat-zat yang ada didalamnya plus kombinasi ekstrak teh hijau (varian purifying), pomegranate (varian bouncy) dan sakura (varian radiance) dengan hyaluronic acid serum. Spesifiknya: varian purifying berfungsi untuk kulit bebas kilap dan mengencangkan pori, varian bouncy untuk kulit yang terasa elastis dan lembab dan varian radiance untuk kulit yang terasa lembut dan tampak merah meronaSounds promising, ya?

Packaging

Packaging terbuat dari plastik tertutup seperti umumnya sheet mask yang dijumpai di pasaran. Besarnya agak cukup lumayan yah padahal isi sheet mask-nya gak sebesar itu. Jadi menurutku agak useless plastiknya packagingnya harus sebesar itu. Tapi dari segi design aku suka. Elegant banget apalagi kemasannya mengkilat gitu, gradasi warna silver-hijau, silver-biru dan silver-pink. Ketiga varian kemasannya sama hanya berbeda pada warna dan gambar ‘star ingredient‘-nya. Hijau bergambar greentea, biru gambarnya pomegranate dan bunga sakura untuk warna pink.

Tissue Material

Tissue-nya agak tebal dan lebar banget sampai bisa nge-cover semua mukaku yang selama ini gak pernah bisa dilakukan oleh sheet mask Korea, maklumlah ya muka Mamak ini chubby gak kaya muka orang Korea yang imut-imut lonjong. Haha.

Mungkin untuk yang mukanya mungil, tissue-nya pasti akan kelebaran dimuka kalian. Tissue-nya juga stretchy jadi bisa gampang ditarik-tarik untuk menyesuaikan dengan ukuran wajah. Satu hal yang menjadi perhatianku, kenapa harus ada lapisan pelapis biru yang ikutan nempel di tissue-nya. Entahlah itu fungsinya untuk apa tapi banyak banget serum yang terserap disitu. Dasar ya emak-emak, serum yang lengket di lapisan warna biru itu aku ambil dan olesin aja di tangan dan kaki. Aku rasa better kalo lapisan biru ini nggak usah ada deh. Dan dia ada di semua varian Garnier Skin Active Hydra Bomb dan Sakura White Tissue Mask ini.

Pas pengaplikasian masker, jangan lupa si lapisan birunya diangkat setelah bagian tissue-nya sudah menempel sempurna diwajah. Memang rada ribet sih hehe.

garnier5garnier6garnier7garnier8

garnier9
Ini yang aku maksudkan dengan lapisan pelapis biru

Price

IDR 19.000 – 25.000. Beli aja pas diskon pasti jadi jauh lebih murah! Haha.

Kita masuk ke review per varian versiku, yah.

Garnier Skin Naturals Serum Mask Hydra Bomb – Intensive Hydrating Purifying Tissue Mask

garnier2

garnier10

Dari semua varian yang ada aku paling penasaran sama purifying ini. Secara ya kulitku oily acne prone dan memang kulitku ini cinta banget sama skincare yang ada ingredients greentea-nya. Apalagi kalo lagi merah-merah dan beruntusan, dikasih skincare yang ada greentea-nya pasti langsung jadi agak mereda kemerahan dan beruntusannya.

Wangi varian purifying ini memang greentea samar-samar. Gak ganggu sih cuma buat kalian yang lebih suka skincare yang gak berbaau mungkin agak sedikit mengganggu ya mencium wanginya. Hati-hati juga buat kulit yang sensitif sama parfum soalnya ada parfum di list ingredients-nya.

Serum-nya lumayan banyak. Jadi sebelum nemplokin sheet mask-nya ke muka, pake dulu serum yang masih bersisa di dalam kemasannya, tap tap sampai rada menyerap baru lanjutkan aplikasikan sheetmask-nya. Serum-nya agak sedikit thick dan agak lengket. Tapi setelah lembaran tissue-nya diangkat (aku makenya 20 menit) dan serum di tap tap cepet kok meresapnya.

Gak ada reaksi aneh-aneh pagi pas bangun dan beberapa hari setelahnya, no breakout, no gatal-gatal, no merah-merah. Memang berasa lembab banget sih setelah make sheet mask ini. Yaiyalah ya secara ini serum yang mengandung hyaluronic acid yang memang terkenal sebagai ingredients yang bisa mempertahankan kelembaban didalam kulit. Yang aku suka juga glowing-nya. Dan walaupun setelahnya aku tetap ikuti sama step skincare lain: moisturizer dan sleeping mask tapi gak berasa over moisturize. Sukak!

Minus dari varian purifying ini menurutku ada dua. Pertama: pas bangun pagi dan cuci muka pakai air, aku ngerasa banyak banget sisa serum yang terangkat dan ninggalin rasa licin dikulit. Aku nggak ngerti apa karena serumnya nggak terserap semua atau gimana tapi hal ini nggak pernah terjadi pas aku pake PM skincare routine kaya biasanya. Adakah yang mengalami hal yang sama? Yang kedua: Aku sama sekali nggak merasakan klaim Garnier yang bilang bahwa sheet mask ini bisa membuat wajah bebas kilap dan mengencangkan pori. Jadi selain lembab dan glowing setelah pemakaian, aku gak merasakan klaim yang mereka bilang.

Rating: 3/5

Garnier Skin Naturals Serum Mask Hydra Bomb – Intensive Hydrating Bouncy Tissue Mask

garnier4

garnier11

Memang bener kata orang, skincare itu cocok-cocokan. Tadinya aku pikir varian bouncy ini akan terlalu rich dikulitku karena varian ini dikhususkan untuk kulit kering. Tapi ternyata apa yang aku takutkan nggak terjadi. Dari tiga varian yang aku coba, aku paling suka sama si biru ini. Kenapa?

  1. Serum-nya sama sekali nggak lengket dan gampang meresap
  2. Wangi pome-nya enak banget. Seger gitu deh berasa jadi pengen makan buah atau minum jus pome
  3. Setelah dipakai 20 menit memang kulit langsung berasa super lembab, kenyal, glowing, tampak bersih dan kaya udah full of moisture. Pokoknya keliatan sehat dan seger banget. Kaya udah ternutrisi dengan pas, gak lebih gak kurang. Pas bangun pagi dan cuci muka pakai air aku gak ngerasain ada sisa serum yang terangkat plus gak licin juga kaya pas make varian purifying
  4. Sama seperti varian purifying, aku juga gak mengalami reaksi negatif setelah memakai varian bouncy ini

Aku rasa kenapa malah kulitku lebih suka sama varian bouncy ini karena memang varian ini selain ditunjukkan untuk kulit kering juga bisa dipakai untuk kulit yang dehidrasi. Walaupun kulitku berminyak tapi dia juga dehidrasi makanya cocok sama varian ini.

Jadi, klaim Garnier tentang varian bouncy ini memang aku rasain semua. Keren deh. Bisa jadi sheet mask favorit yang bakalan aku stock dirumah untuk pampering my self after busy and hectic day. You should try! I really recommend this one.

Rating 4/5

Garnier Skin Naturals Serum Mask Sakura White – Intensive Hydrating Radiance Tissue Mask

garnier3garnier12

Dan varian terakhir dari seri Garnier serum mask ini adalah Sakura White. Is it good? Honestly dari 3 varian yang ada, varian sakura white dan bouncy serum mask adalah favoritku.

Serumnya rada thick dan nggak sticky tapi cepat meresap. Setelah dipakai 20 menit pun aku langsung merasakan kulit cerah seketika, lembab, halus dan kenyal. Tapi untuk klaim bikin kulit jadi  merah merona kayanya enggak deh. Aku pribadi agak kurang paham  merah merona disini maksudnya apa. Mungkin bersemu-semu merah kaya anak ABG pas ketemu gebetannya kali,  ya. Hehe.

Sama seperti dua varian yang lain, setelah memakai sheet mask ini pun aku tetap lanjutkan dengan step PM skincare seperti biasanya. Dan tetap gak over moisturize, paginya pas bangun gak bikin aku breakout dan gak ada terjadi reaksi negatif lainnya. Terus juga nggak licin dan nggak meninggalkan residu pas dibilas dengan air kaya varian purifying.

Baunya aku suka, a little bit sweet. Aku agak kurang ngerti ini beneran bau sakura apa bukan tapi dulu pernah punya parfum The Body Shop Japanese Cherry Blossom aka Sakura, rasanya beda deh. Intinya baunya enak.

Kayanya sheet mask ini cocok banget buat kalian yang pengen kelihatan kulitnya cerah seketika kalo mau kondangan atau acara-acara lain.

Rating 4/5

Over all menurutku semua varian Garnier Serum Tissue Mask ini sangat worth to try apalagi buat kalian yang pengen menambah kelembaban dan kadar air diwajah. Yang rajin pake acids, monggo bisa dilanjutkan dengan pemakaian sheet mask ini untuk mengembalikan kelembaban kulit yang sudah terkuras oleh acids biar kulit nggak kering dan menghindari dehidrasi.

Tips memakai sheet mask ala Ibok Retno Hening KW3:

  1. Masukkan ke kulkas biar tambah seger dan memberikan efek cooling di kulit apalagi setelah seharian beraktifitas outdoor atau panas-panasan
  2. Sisa essence atau serum yang tersisa di kemasan bisa dipakai lagi. Caranya tutup kemasan dan taro dikulkas. Besoknya bisa dipakai lagi dengan menggunakan tablet mask yang bisa dibeli di online shop atau offline store kaya Miniso, Muji dan lain-lain
  3. Dipakai setelah wajah bersih. Kalau aku urutannya adalah double cleansing – exfoliating toner – hydrating toner – serum – face oil – sheet mask – moisturizer dan sleeping mask. Aku biasa maskeran pas PM skincare, ya. Untuk AM skincare aku jarang banget pake sheet mask kecuali pas weekend

Note: Aku membeli  Garnier Skin Naturals Serum Mask Hydra Bomb & Sakura White Tissue Mask ini dengan uang pribadi. Jadi semua review diatas murni merupakan honest review berdasarkan pengalamanku selama menggunakan produk tersebut tanpa ada intervensi dari pihak mana pun.

Kalau ada pertanyaan soal Garnier Skin Naturals Serum Mask Hydra Bomb dan Sakura White Tissue Mask ini silahkan leave comment yah, insyaa Allaah akan aku jawab dan semoga reviewnya bermanfaat!

Adakah yang udah nyobain sheet mask ini? Kamu suka yang varian mana?

Salam,

img_0722

8 thoughts on “Review: Garnier Skin Naturals Serum Mask Hydra Bomb & Sakura White Tissue Mask”

  1. Hiks aku udah coba jugaa mba Kinan yg intensive hydrating dan sakura white… Dan entah kenapa belum bisa menggeser sheetmask favoritku yaitu Tony Moly 😂😂. Ngerasa biasa aja di aku sih yang Garnier ini. Malahan pas bangun tidur ngerasa kulit jadi minyakan gitu 🙁 Yaaah.

    Tapi alhamdulilah gak bikin yg beruntusan atau jerawatan gitu. Lumayan laah yaa buat dicoba2 hhe

    1. Hihi iya skincare cocok-cocokan sih ya. Tapi bener lumayan banget kalo kepepet butuh sheet mask, Garnier ini bisa banget dijadiin pilihan karena gampang banget dicarinya di supermarket.

  2. wa’alaikum salam wr wb

    aku juga kemarin pengen nyoba ini,, lgi ada diskon di ndomart,, tapio ntah kenapa karena akhir bulan ajdi ga kebeli… thanks infonya mbak kinan…

  3. Asslm , jika sakura pinkish itu kan bisa gak dipakai utk smua type nya kulit walau dia bilang suitable for sensitive skin ? gak ada efeksi yg negatif ya sekiranya pakai ? mohon dijelasin yah , makasih .

    1. wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh. Harusnya bisa untuk semua jenis kulit Mbak. Tapi saya kurang saranin untuk yang fungal acne, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *