Skincare101

Double Toning Perlu Nggak Sih?

Assalamu’alaykum ♥

Setelah kemarin aku membahas soal apa pentingnya double cleansing di postingan ini dan bagaimana memulai skincare untuk pemula di postingan ini, sekarang aku akan membahas soal double toning. Opo meneh, Kak Ambar double toning itu? Pasti banyak yang bingung ya. Soalnya kaya banyak banget istilah baru dalam dunia per skincare-an yang harus diketahui. Gak papa, kita pelan-pelan belajar ya supaya bisa ngerti File:icon biggrin.gif

Secara prinsip double toning itu sama aja kaya double cleansing: metode pemakaian dua macam toner  yang keduanya punya perbedaan fungsi. Toner pertama yang digunakan adalah exfoliating dilanjutkan dengan hydrating toner. Lalu apakah bedanya exfoliating dan hydrating toner itu?

Exfoliating Toner

Biasanya exfoliating toner ini mengandung exfoliating (acid) agent seperti AHA (Lactic Acid, Citric Acid, Mandelic acid dan lain-lain), BHA (Salicylic Acid dan Betaine Salicylate), PHA (Gluconolactone dan Lactobionic Acid) dan lain-lain. Fungsinya adalah mengangkat sel kulit mati supaya kulit kita tetap bersih. Kalau kulit bersih otomatis penyerapan skincare menjadi lebih baik dan maksimal yang akhirnya akan membuat kulit lebih sehat. Exfoliating toner ini biasanya diaplikasikan menggunakan kapas ya. Tapi ada juga yang berbentuk pads yang sudah di-infuse dengan cairan acid dan langsung siap pakai.

Sebenarnya kulit kita punya sistem otomatis yang selama 28-30 hari sekali akan mengelupaskan sel kulit mati dengan sendirinya. Tapi seiring dengan bertambahnya umur dan beberapa kebiasaan yang memperburuk keadaan kulit maka biasanya akan semakin lama proses pengelupasan itu. Disinilah exfoliating toner itu berperan.

Toner yang memiliki kandungan acid pun punya beberapa syarat baru bisa digolongkan sebagai exfoliating toner yaitu PHnya harus dibawah 4 dan acid yang terkandung didalamnya harus punya persentase tertentu. Dari artikel Female Daily ini, disebutkan bahwa untuk AHA sebaiknya ada di persentase 5%-8% dan untuk BHA 1-2% pun sudah sangat cukup. Over all kandungan acid ini harus ada dalam big 5 ingredient list sebuah produk exfoliating, ya.

Exfoliating toner ini nggak boleh dipakai setiap hari, ya. Apalagi yang jumlah persentase acid-nya itu tinggi. Untuk kulit kering dipakai 1-2 kali seminggu aja cukup dan kulit berminyak boleh 3-4 kali. Tapi harus dikasih catatan untuk mereka yang punya kulit sensitif harus disesuaikan lagi pemakaiannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kulit.

Untuk aku pribadi pemakaian exfoliator ini diselang seling. Jadi tidak setiap kali exfoliasi menggunakan exfoliating toner. Kadang bisa pakai clay/mud mask dan wash off mask  yang mengandung scrub juga. Kenapa? Biar gak terjadi over exfoliating yang menyebabkan skin barrier jadi rusak.

Dan perlu diperhatikan juga  ya, acid ini banyak macamnya. Vitamin C dan Retinol (biasanya ingredients ini ada di skincare untuk anti aging) juga termasuk golongan acid yang bisa berbentuk serum, ampoule dan juga cream. Jadi saranku perhatikan banget  ya kandungan lain dalam skincare routine-mu siapa tau ada yang sudah mengandung acid untuk menghindari percampuran acid yang secara teori tidak boleh dicampur. Contohnya AHA/BHA tidak boleh dicampur sama pemakaian retinol, Benzoyl Peroxide tidak boleh dicampur dengan retinol dan lain-lain.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan untuk memakai acid:

  1. Pakailah di malam hari dan siangnya JANGAN LUPA PAKAI SUNSCREEN karena kulitmu akan jauh lebih sensitif daripada biasanya.
  2. Pemakaiannya langsung setelah double cleansing dan setelahnya harus menggunakan hydrating toner untuk mengembalikan kelembaban kulit karena sifat dari acid ini mengeringkan kulit.
  3. Sebaiknya digunakan oleh yang berumur 20 tahun keatas. Remaja dibawah itu belum perlu acid karena biasanya pengelupasan kulitnya masih bagus.
  4. Untuk pemula sebaiknya pilih acid dalam persentase kecil dulu untuk perkenalan ke kulit.
  5. Sebagian besar orang akan mengeluhkan kulitnya makin banyak jerawat, kering, merah-merah atau beberapa reaksi negatif lain setelah memakai acid. Tapi itu reaksi normal karena acid ini membantu mempercepat munculnya calon-calon jerawat yang sudah ngantri untuk keluar karena sifat acid itu sendiri membersihkan kulit. Istilahnya itu purging. Purging bukan berarti kamu gak cocok dengan produknya. Nanti Insyaa Allaah aku akan jelaskan lebih rinci tentang perbedaan purging dan breakout dalam postingan tersendiri biar tau gimana caranya mengidentifikasi jerawat karena gak cocok sama produk atau karena purging.

Berikut beberapa contoh produk exfoliating yang pernah aku pakai.

IMG_6545-1_2160x2160
Cosrx BHA Blackhead Power Liquid
41QpmyFQOSL._SY355_
Neogen Gauze Peeling Lemon

Hydrating Toner

Bisa dibilang hydrating toner adalah step favoritku setelah double cleansing soalnya aku  menikmati banget rada adem dan rileks pas tap-tap si hydrating toner ke kulit. So refreshing! Apalagi kalo make hydrating toner yang wanginya itu enak. Ahh.. pokoknya capek seharian itu bisa hilang rasanya dengan skincare routine yang menyenangkan File:icon biggrin.gif

Gimana caranya mengidentifikasi kalau toner itu termasuk hydrating toner? Gampang banget. Cek aja ingredients list-nya. Hydrating agents itu biasanya glycerin, hyaluronic acid, chamomile, aloevera dan lain-lain. Atau cek “judul” tonernya. Biasanya hydrating toner itu disebutnya calming toner, soothing toner, moisturizing toner atau hydrating toner.

Fungsi utama dari hydating toner ini sendiri adalah mengembalikan kelembaban kulit setelah kita melakukan exfoliasi dan mencegah terjadinya kulit kering, pecah-pecah dan dehidrasi. Fungsi lainnya adalah mempersiapkan kulit untuk menerima skincare lain setelahnya seperti serum, moisturizer, face oil sampai ke sleeping mask. Hydrating toner ini aku pakai siang dan malam ya dan untuk pengaplikasiannya aku lebih suka pakai tangan untuk menghindari iritasi kulit akibat terlalu banyak tergesek oleh kapas.

Ini beberapa merk hydrating toner yang pernah aku coba.

S-18694-dfe9f7873f923a5fa01481a9c4b5f307
Whamisa Organic Flowers Toner
Naruko-Rose-Botanic-HA-Aqua-Cubic-Hydrator-EX-Review
Naruko Rose and Botanic HA Aqua Cubic Hydrator EX
product_1455261058_hada_labo__800x800
Hada Labo Ultimate Moisturizing Light Lotion

Manfaat apa yang aku rasain setelah rutin double toning? Yang pasti kulitku jadi lebih cerah, jerawat lebih cepat kalem dan bekas jerawat yang baru jadi lebih cepat hilang. Mudah-mudahan kalo ditelatenin dalam jangka panjang bisa bikin awet muda ya hihi.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya  ♥

Kinans (2)

14 thoughts on “Double Toning Perlu Nggak Sih?”

  1. Assalamu’alaikum Kak Kinan, aku numpang tanya ya, sebelumnya maaf kalo agak melenceng dari topik double toning ini 😂
    Kak Kinan bilang tadi orang yang masih under 20 belum butuh exfoliating toner, jadi apa under 20 gak perlu melakukan eksfoliasi? Atau sebenarnya perlu, dan ada alternatif selain si exfoliating toner ini? Terima kasih sebelumnya Kak Kinan ❤

    1. wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh. iya bener, under 20 masih bagus sistem pengelupasan kulitnya jadi sebaiknya jangan pake acid-acidan dulu. jd saranku pake hydrating toner aja cukup sebagai toner.

  2. Salam kak. Tadi disebutkan exfoliating utk kulit berminyak itu bisa 3 kali seminggu.

    Nah mksd selang seling produk exfoliating itu 3 kali dlm seminggu kan bukan setiap hari?

    1. Iya betul, maksudnya pemakaian produknya bisa diselang seling selama 3kali seminggu itu. Tapi kalo aku ada beberapa produk yang aku pake tiap hari pun aman sebagai exfoliator kaya Lush Mask Of Magnaminty.

  3. Assalamu’alaykum mba kinan. Aku baca post yang skincare routine mba kinan sekarang kan kalo pagi teh ga cuci muka tapi cukup bilas pake air trus pake Etude Wonder Pore Toner buat pH balance. Step ini penting kah? Misal langsung pake hydrating toner after bilas muka, gimana mbak? Nuhun

    1. wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh. Step ini penting sih krn dia membantu membersihkan kotoran yang mungkin nempel di kulit pas kita tidur yang nggak hilang pas kita cuci muka pake air. Tapi dicoba aja ya enaknya di kamu gimana. mungkin step ini dihilangkan dan langsung pake hydrating toner malah dikamu fine-fine aja, ya monggo.

  4. assalamualaikum mbak kinan, aku mau nanya toner cuka apel brag itu bisa dikategorikan sebagai exfoliating toner gak? dan kalo bisa, apakah bisa digunakan tiap hari pagi dan malam, atau harus selang seling? makasih

    1. wa’alaykumussalam warahmatullah. saya nggak rekomendasikan raw cuka apel dipakai sebagai toner mbak. better cari yang beneran exfo toner ya lebih aman dan punya kemungkinan iritasi lebih kecil dibandingan toner raw cuka apel gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *