Skincare101

Skincare Untuk Pemula (Basic Skincare)

Assalamu’alaykum ♥

Aku yakin banget, pasti lumayan banyak dari teman-teman yang baru mau make skincare tapi bingung harus mulainya dari mana. Apalagi yang tadinya make skincare dokter terus sekarang mau “tobat” pasti akan galau produk apa yang musti dipakai. Apakah produknya bakalan cocok? Bakalan ngamuk nggak kulitnya pas masa peralihan dari skincare dokter ke skincare over the counter? Bakalan semulus kulit pas masih jadi pasien dokter kulit gak ya? Dan akan masih banyak kegalauan lain yang timbul.

Tapi mau dilanjutin pake skincare dokter pun kulit kok rasanya makin tipis, kena matahari dikit udah merah bahkan kadang rasanya perih kalo dipegang. Tenang, i feel you. Memang perjuangan banget untuk ‘ngebenerin’ muka yang jadi super sensitif paska pakai skincare dari dokter.

Baiklah, akan mulai kujelaskan satu per satu ya. Sebenarnya basic skincare itu “cuma” ada empat step. Seriously cuma empat. Sama aja kaya skincare dokter yang kebanyakan juga empat step: sabun muka, toner, pelembab dan sunblock. Bedanya hanya disabun muka dan toner-nya. Bedanya dimana? Yuk disimak.

1. Double Cleansing

Prinsip double cleansing itu adalah membersihkan wajah dalam dua step: step pertama dengan first cleanser yang biasanya berbahan dasar minyak (oil based) dan step kedua dengan second cleanser yang berbahan dasar air (water based). Oil based cleanser itu bentuknya bisa milk cleanser, oil cleanser dan balm cleanser sedangkan water based cleanser itu adalah facial wash yang di Indonesia juga banyak tersedia di pasaran. Nggak kering kah muka dicuci dalam dua step begitu? Sama sekali enggak. Justru kulit kita akan benar-benar bersih dan sehat. Kuncinya harus memilih cleanser yang tepat dan tidak mengandung SLS. Tulisan lengkap soal double cleansing ini sudah ada ya, bisa klik disini untuk membaca.

Nudie_Glow_Heimish_All_Clean_Balm_2_large
First Cleanser: Heimish All Clean Balm
COSRX-Low-pH-Good-Morning-Gel-Cleanser-1_1024x1024
Second Cleanser: Cosrx Low PH Good Morning Gel Cleanser

2. Toner

Toner itu terbagi dua: exoliating dan hydrating toner. Exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Exfoliating ini sifatnya mengeringkan kulit karena mengandung exfoliating agent semacam AHA, BHA, PHA, dll. Nah setelah sel-sel kulit mati diangkat maka kelembabannya harus dikembalikan lagi. Disinilah fungsi hydrating toner itu.  Saranku untuk pemula sebaiknya menggunakan hydrating dulu sebagai perkenalan ke kulit. Kalau basic skincare ini sudah rajin dan teratur baru bisa ditambahkan exfoliating toner. Aku sudah kupas tuntas soal toner dpostingan ini, mari disimak.

Pixi_Glow_Tonic_L_1
Exfoliating Toner: Pixi Glow Tonic
S-18694-dfe9f7873f923a5fa01481a9c4b5f307
Hydrating Toner: Whamisa Organic Flowers

3. Moisturizer

Ini step yang di-skip sama orang yang kulitnya berminyak kaya aku karena mikirnya toh kulitnya udah banyak memproduksi minyak jadi udah nggak butuh pelembab dari luar lagi. Dosa masa laluku banget deh nggak pernah betah make moisturizer karena dulu nggak ngerti ternyata ada loh moisturizer yang nggak bikin kulit makin berminyak dan keringetan. Pernah kan ngerasain make moisturizer yang salah terus jadi berasa gampang keringetan gitu? Intinya pinter-pinter kita aja memilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit. Seharusnya moisturizer itu nggak bikin kulit makin berminyak atau bahkan kusam, sebaliknya malah bikin kulit jadi lebih sehat karena kelembabannya terjaga.

Makeprem-Safe-me-Relief-Moisture-Cream-12-1
Moisturizer: Make P:rem Safe Me

4. Sunscreen

Hayo ngaku siapa yang nggak pernah make sunscreen? *tunjuk tangan* Ini dosa kedua selain nggak pake moisturizer yang pengaruhnya besar banget ke kulit. Kenapa sunscreen itu penting? Karena sunscreen menjaga kulit kita dari pengaruh buruk sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit belang, dark spot, penuaan dini bahkan yang paling parah itu kanker kulit. Hiyyyyy… serem banget ya. Fakta menarik lagi tentang sunscreen nih, ternyata anti aging terbaik itu bukan serum, bukan eye cream atau skincare lain yang mengklaim bisa menahan penuaan beberapa taun lebih lama. Mau tau produk anti aging terbaik itu apa? Yap, SUNSCREEN! Jadi, percuma deh beli skincare canggih yang harganya ngalah-ngalahin harga motor baru kalo kamu masih skip sunscreen. Kupas tuntas soal sunscreen ada di postingan yang ini, ya!

723c514f-713e-496c-9256-e81fb6bb996b-best-korean-sunscreen-for-oily-skin
Sunscreen: Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Udah, gitu aja basic skincare yang perlu dilakukan oleh para pemula. Dikit ya? Iya dikit dibandingkan sama Unie-Unie dan Opa-Opa Korea yang seharinya bisa make berpuluh-puluh layer skincare. Saran lain yang bisa aku berikan adalah ketahui jenis kulit kamu dulu baru pelan-pelan cari skincare routine orang yang punya jenis kulit sama kaya kamu. Udah nyontek skincare routine-nya? Jangan buru-buru beli. Baca dulu review-nya.

Apa perlunya baca review sebelum memutuskan beli produk? Karena kulit tiap itu pasti akan beda-beda dalam daya toleransinya terhadap produk, ingredients dan metode tertentu dalam skincare. Jadi, walaupun kamu dan si A punya jenis kulit yang sama tapi belum tentu kamu bakalan cocok sama produk yang dia pake. Itulah kenapa kita perlu trial error demi mencari ingredients apa yang kulitmu suka, ingredients apa yang kulitmu gak bisa terima, metode pemakaian skincare seperti apa yang paling bikin ada perubahan.

Yang penting lagi adalah sabar dan telaten biar bisa sukses dengan skincare over the counter ini. Memang hasilnya gak akan seinstan skincare dari dokter tapi percaya deh kalo udah ngeliat hasilnya kamu gak akan pernah mau balik lagi make skincare dokter.

Last words, masalah kulit pasti ada aja apalagi dengan semakin bertambahnya umur pasti akan bertambah pula masalah kulit kita. Yang tadinya berminyak bisa jadi kering, keriput halus mulai nampak, dan lain-lain. Oleh karena itu kita butuh merawat kulit sedini mungkin, jangan kaya aku yang baru sadar sama pentingnya perawatan kulit itu pas umur 27 tahun. But better late than never, kan?

Note: All photos credit by Google. Foto produk di atas hanya contoh, ya. Tidak semua produk diatas pernah aku cobain. Insyaa Allaah nanti akan ada postingan apa saja skincare routine yang sedang aku pake.

Semoga postingan ini bermanfaat 

img_0722

18 thoughts on “Skincare Untuk Pemula (Basic Skincare)”

  1. Halo mba, seneng akhirnya bikin blog.. aku pemula bgt, diumur yg mau 28 th, baru tertarik buat ngerawat wajah.. mau tanya mba, udh 2 produk sunscreen yg kucoba selalu bikin breakout, kulit jd bruntusan, kulit jg nggak rata.. huhu.. mba pakai skin aqua uv gel ya? Lbh light mana sama yg biore?
    Oh y moisturizer yg mba pakai kayak yg d gambar d blog ini kah?

    1. hai Mbak ^^ iya aku sampai sekarang masih make skin aqua gel yang spf 30. alhamdulillah cocok. Kalo lightnya sih lebih light biore mbak karena biore itu kandungan alkoholnya tinggi banget. Foto diatas hanya contoh mbak, ada yang memang lagi aku pakai dan ada yang pernah aku pakai. Sisanya masih wishlist haha.

  2. Bismillah, mau nanya mb ada apakah dengan skin care dari dokter? dan knp lbh memilih skin care over the counter? Hihi maaf saya masih pemula jg soalnya, pernah coba dua-duanya (ke dokter ato beli aja) tp sama2 belum telaten jadi belum kelihatan hasilnya

    1. Biasanya skincare dokter itu tinggi dosisnya mbak dan kita pun gak tau ingredients apa aja yang terkandung didalamnya. Menurutku sih jadi nggak pinter dan cuma manut aja ngerasa aman karena mikirnya “dari dokter ini”. Dan sepengelamanku make skincare dokter itu lama2 kulit jd super sensitif. Cepet banget merah kalo kena matahari, spider veins keliatan, dll.

    1. sebaiknya moisturizer dan sunscreen itu memang lebih baik terpisah agar daya kerjanya juga lebih maksimal. sepengalamanku dulu memang bener sih, pelembab yang ada SPF nya masih bisa bikin kulit belang

  3. Selalu suka sama tulisan kak kinan, udah ngikutin bgt dari awal2 di ig. Aku emang suka sama skincare, tp berhubung ketersediaan uang terbatas (derita seorang pelajar) jadi sekarang masih liat2 review aja, belinya ntar kalo tabungan udh kekumpul hehe. Ohiya, btw secara nggak langsung kak kinan adalah penggerak aku untuk rutin menerapkan basic skincare, lho! Makasih ya kak, tulisanmu mengedukasi sekaligus meracuni! Salam kenal kak 🙂

    1. masyaa Allaah ♥ terharu banget kalo tiap kali ada yang bilang kalo tulisanku bermanfaat. Jadi makin semangat buat menulis biar lebih banyak lagi manfaat yang bisa diambil teman-teman semua. Pelajar bukan berarti gak bs merawat kulit sih ya. Tinggal cari aja skincare yang sesuai dengan kantong pelajar dan yang cocok sama jenis kulit. Mudah-mudahan nanti kalo udah tua masih kinclong karena dari muda udah perhatian sama kulitnya hihi. salam kenal juga, Elyska ♥

  4. Assalamualaikum mbk kinan smua klinik kecantikan sdh sy coba tp muka jg gk mulus2 nih, dan krna hamil dan smpe skrg masih menyusui jd bingung mau pake skincare apa yg aman buat busui, muka gmpg bgt jrwatn+komedo+berminyak?

    1. wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh. sebenarnya skincare yang dijual di pasaran (over the counter) itu cenderung aman utk ibu hamil dan menyusui mbak, PRnya tinggal kita aja yang harus cari skincare yang sesuai sama kondisi dan kebutuhan kulit.

  5. Assalamualaikum mba Kinan, saya baru mulai skincare tahun ini padahal umur saya sudah hampir 28thn, maaf mba saya mau nanya untuk basic skincare ini kn ada 4 step mba, apakah untuk pemula harus langsung melakukan 4 step tersbut ato per step dulu?? Kalo misalnya per step yg mana harus dilakukan dulu mba?? Apakah harus mantepi 1 step dulu bru beralih kstep selanjutnya?? Terimakasih Mba

  6. Assalamualaikum,,mba Kinan, saya pemula baru mulai melakukan skincare, padahal umur saya sdah 27thn, saya mau nanya mba untuk basic skincare ini kn ada 4 step, apakah semua step itu harus dilakukan atau harus dilakukan per step dlu?? Kalo misalnya per step bgian step apa yg harus dilkukan dulu mba?? Apakah harus memantapkan 1 step dulu baru lanjut step berikutnya?? Terimakasih mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *